Warga Amerika Serikat Juga Punya Tradisi Mudik

by
August 6th, 2013 at 11:00 am

Jakarta (CiriCara.com) – Tradisi mudik yang terjadi setiap tahunnya di Indonesia ternyata juga terjadi di Amerika Serikat (AS). Banyak masyarakat AS pulang ke kampung halamannya pada hari pengucapan syukur atau lebih dikenal dengan istilah Thanksgiving.

thanksgiving, tradisi mudik di amerika

Berbelanja usai thanksgiving – Ist

Warga AS yang tinggal di tanah rantau akan pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga mereka. Setelah sampai di kampung halaman, warga AS biasanya menggelar makan bersama dengan menu makanan khas, kalkun panggang.

Berbeda dengan mudik di Indonesia yang dilakukan saat bulan Ramadan menjelang Hari Raya Idul Fitri, tradisi thanksgiving di AS dirayakan pada hari Kamis keempat di bulan November.

“Biasanya diadakan jelang musim dingin,” ujar Lauren Eymille, warga Athens, Ohio, AS.

Menurut Laurent, tradisi mudik di hari thanksgiving selalu dimanfaatkan warga AS untuk mendekatkan hubungan dengan anggota keluarga lainnya. Musik-musik khas Amerika juga akan mulai berkumandang saat perayaan hari thanksgiving.

“Thanksgiving identik dengan kembali ke asal (mudik), makan kalkun bersama, cowboy, dan musik country,” tutur Lauren, seperti dikutip dari Tempo.co, Selasa (6/8/2013).

Tradisi mudik saat hari thanksgiving tergolong kegiatan yang baru di Amerika Serikat. Namun belakangan ini tradisi mudik itu sudah mulai ramai dilakukan oleh sejumlah warga Amerika, khususnya mereka yang tinggal di perantauan.

(YG)

Comment di sini