Cara Agar Tetap Sehat Meski Sering Begadang

by
August 12th, 2013 at 8:10 am

CiriCara.comBegadang di malam hari kadang menjadi sebuah kewajiban karena tuntutan pekerjaan dan hal penting lainnya.

Cara agat tetap sehat saat begadang

Cara agat tetap sehat saat begadang / Ist.

Namun begadang juga bisa menjadi pilihan bagi sebagian besar orang karena mereka lebih memilih bersantai di malam hari dengan menonton bola, menekuni hobi, dan juga melakukan aktivitas ringan yang tidak sempat dilakukan pada siang hari.

Banyak dokter dan pakar kesehatan mengatakan bahwa begadang membawa efek buruk bagi kesehatan seperti ancaman kanker hati, penuaan dini, dan penurunan kekebalan tubuh karena kurang istirahat.

Tetapi faktanya, begadang tidak akan membahayakan kesehatan jika Anda tahu cara tepat menjaga kondisi tubuh.

Kunci agar kesehatan tidak terganggu akibat sering begadang adalah menjaga pola hidup secara keseluruhan tetap sehat. Bagaimana caranya?

1. Perhatikan kualitas tidur

Pastikan bahwa tidur Anda tetap berkualitas meski hanya dalam beberapa jam saja. Riset membuktikan bahwa orang dengan jam tidur 4 sampai 5 jam sehari tetap sehat karena kualitas tidur mereka terjamin.

Bagi Anda yang terpaksa harus begadang, maka Anda hanya perlu mengganti jam tidur sampai kebutuhan jam tidur terpenuhi.

Misalnya saja jam tidur Anda adalah pukul 22.00 WIB namun Anda terpaksa begadang sampai pukul 03.00 WIB, maka Anda cukup membalasnya dengan tiga jam tidur. Setelah bangun, maka Anda akan kembali segar seperti biasa.

2. Konsumsi nutrisi yang dibutuhkan

Nutrisi yang dimaksud bukan hanya sekedar multivitamin namun kebutuhan nutrisi secara keseluruhan seperti kalsium, protein, mineral, dan sejenisnya.

Kebutuhan nutrisi ini tergantung pada usia dan jenis kelamin. Pastikan bahwa Anda mengetahui kebutuhan nutrisi harian Anda dan tetap memenuhinya.

3. Olahraga

Selain menjaga kualitas tidur dan memenuhi nutrisi harian, Anda juga harus berolahraga setiap hari minimal setengah jam. Dengan berolahraga maka rasa pegal akibat sering begadang akan berkurang.

4. Hindari alkohol dan rokok

Tentu saja, begadang yang dibarengi dengan minum alkohol dan merokok akan sangat berbahaya. Rokok dan alkohol justru memperparah kondisi kesehatan Anda. Ganti kebiasaaan buruk Anda tersebut dengan memperbanyak minum air putih.

(RN)

Comment di sini