Cara Jitu Menjawab Pertanyaan “Kapan Menikah?”

by
August 12th, 2013 at 4:36 pm

CiriCara.comHari Raya Idul Fitri 1434 H baru saja usai. Dalam kesempatan tersebut, sanak saudara, kerabat, dan keluarga besar berkumpul untuk bersilaturahmi.

Cara Jitu Menjawab Pertanyaan "Kapan Menikah?"

Cara Jitu Menjawab Pertanyaan “Kapan Menikah?” / Ist.

Tetapi, dalam hari raya yang jatuh setahun sekali tersebut kadang kala sedikit ‘menganggu’  pria dan wanita berumur dewasa yang masih melajang.

Seringkali pertanyaan “Kapan menikah?” terlontar dari beberapa kerabat dan teman yang tentu saja membuat Anda risih mendengarnya.

Namun, ada cara jitu untuk menghadapi pertanyaan seperti itu dari para kerabat dan teman-teman. Yang terpenting adalah Anda tidak terbawa emosi saat menghadapinya.

1. Mengabaikan

Langkah pertama yang bisa Anda ambil adalah mengabaikannya dan tidak mengambil hati pertanyaan tersebut. Anda juga bisa mengganti topik pembicaraan dengan topik lainnya yang lebih menarik untuk diperbincangkan.

2. Berbalik tanya

Cara lainnya adalah berbalik tanya kepada si penanya. Misal teman Anda seumuran dengan Anda, pertanyaan seperti, “Kamu kapan menikah lagi?” atau “Kamu kapan cerai?” bisa Anda gunakan. Tentunya si penanya akan malas untuk bertanya lebih lanjut.

3. Melucu

Tanpa mengambil hati, Anda juga bisa menjawabnya dengan cara melucu atau menjawabnya dengan hal-hal konyol.

Misalnya saja, ketika teman atau kerabat Anda bertanya “Kapan menikah?” kepada Anda, Anda bisa melontarkan guyonan seperti, “Nunggu David Beckham cerai,” atau “Nunggu Justin Bieber datang ngelamar ke rumah gue.”

4. Membual

Selain mengabaikan dan melucu, Anda juga bisa berbohong atau membual. Misal jika Anda ditanya, “Kapan menikah?”, Anda bisa menjawab, “Oh, aku nikah bentar lagi, sudah prewed dan beres semua persiapan resepsinya. Tapi, kamu nggak aku undang ke sana. Maaf ya.”

Meski terdengar sinis dan berlebihan namun jawaban itu cukup bisa mematikan lawan Anda.

5. Menjawab dengan jujur

Terakhir, Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan jujur sesuai keadaan Anda sekarang. Dengan berkata jujur, orang-orang bisa berhenti bertanya tentang ‘masa depan’ Anda dan bahkan mereka bisa membantu Anda.

Siapa tahu dengan berkata jujur, mereka turut mendoakan Anda agar lekas mendapat jodoh atau bahkan mengenalkan Anda pada belahan jiwa yang Anda cari selama ini. (RN)

Comment di sini