FPI vs Warga Lamongan: 2 Motor Hangus, 1 Rumah Rusak

by
August 12th, 2013 at 9:37 am

Lamongan (CiriCara.com) – Puluhan orang yang tergabung dalam organisasi Front Pembela Islam (FPI) terlibat bentrok dengan warga di Lamongan, Jawa Timur, pada Senin (12/8) dini hari.

fpi vs warga, fpi vs warga lamongan, fpi lamongan

Konvoi FPI Lamongan – FPI

Dalam bentrokan, dua motor dikabarkan hangus setelah dibakar massa FPI. Satu rumah juga turut dirusak. Sementara seorang warga diberitakan terluka setelah punggung dan telinganya tersabet senjata tajam yang dibawa anggota FPI.

Penyebab bentrokan belum dapat diketahui secara pasti, namun berembus kabar bahwa pembacokan istri anggota FPI oleh salah seorang warga menjadi pemicu bentrokan.

Detikcom mengabarkan puluhan anggota FPI yang mencari pelaku pembacokan tidak berhasil menemukannya sehingga akhirnya melakukan aksi pembakaran motor.

Namun warga desa melakukan perlawanan dan menyerbu markas FPI yang terletak di Desa Gowah, Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Lamongan.

Warga lalu merusakan dua rumah yang berada di desa tersebut sebelum akhirnya kabur karena anggota FPI berjumlah lebih banyak.

Massa FPI yang melawan dengan menggunakan senjata tajam mengejar warga hingga akhirnya petugas kepolisian datang untuk mengendalikan situasi.

Sebanyak 42 anggota FPI dan puluhan senjata tajam telah diamankan di Mapolres Lamongan. Kapolres AKBP Solehan mengungkapkan petugas kepolisian masih menyelidiki peristiwa bentrokan ini.

Aksi FPI tengah ramai disorot publik beberapa tahun belakangan ini. Pada Juli 2013, massa FPI bentrok dengan warga Kendal hingga menewaskan seorang ibu yang tertabrak mobil FPI.

Peristiwa ini kembali memunculkan desakan untuk membubarkan FPI yang dituding kerap melakukan aksi kekerasan. Bahkan Presiden SBY menyebut aksi FPI telah mencederai Islam.

(hp)

Comment di sini