Cara Agar Tetap Sehat Meski Tak Sempat Sarapan

by
August 13th, 2013 at 8:46 am

CiriCara.com – Sarapan dianjurkan oleh setiap ahli nutrisi agar kondisi tubuh tetap terjaga dengan baik saat melakukan aktivitas seharian penuh.

Cara Agar Tetap Sehat Meski Tak Sarapan

Cara Agar Tetap Sehat Meski Tak Sarapan / Shutterstock

Namun ada beberapa alasan yang membuat kita enggan untuk sarapan.

Di pagi hari saat seharusnya perut Anda sudah harus mencerna makanan, kadang Anda merasa masih sangat kenyang akibat makan malam berlebihan.

Kadang-kadang juga Anda sangat terburu-buru sehigga tidak sempat mempersiapkan sarapan.

Membiarkan perut kosong di pagi hari sebenarnya tidak boleh karena akan mengganggu sistem pencernaan terutama perut Anda. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Ada sejumlah kombinasi makanan yang bisa kita konsumsi jika Anda tidak sempat sarapan atau makan pagi karena beberapa alasan, antara lain:

1. Smoothie buah dan susu

Smoothie buah dan susu dianjurkan bagi Anda yang tidak bisa mengkonsumsi makanan berat pada pagi hari. Smoothie terbuat dari buah dan susu yang di-blender. Kenapa smoothie?

Smoothie mengandung protein untuk memperlambat tubuh menyerap gula sehingga Anda bisa merasa kenyang dalam waktu yang lama. Minumlah smoothie pelan-pelan agar vitamin dan mineral yang dibutuhkan juga masuk dalam tubuh Anda.

Baca juga: Ini 5 Jenis Makanan Pengganti Susu

2. Campuran sereal dan kacang-kacangan

Sereal dan buah dianjurkan sebagai pengganti sarapan

Sereal dan buah / Ist.

Bagi Anda yang sangat terburu-buru dan tidak sempat sarapan, siapkan campuran sereal gandum yang mengandung serat yang tinggi serta gula yang rendah.

Selain itu, bawalah susu rendah lemak yang siap diminum. Kedua jenis makanan ini bisa dijadikan bekal dan dimakan ketika Anda sudah berada di kantor.

3. Buah segar

Jika Anda masih merasa kenyang lantaran semalam makan dalam porsi yang banyak, Anda wajib mengisi perut Anda dengan buah segar.

Buah segar diperlukan untuk menjaga metabolisme tetap berjalan dengan baik. Untuk menghindari kekenyangan di pagi hari karena makan malam, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan paling lambat 3 jam sebelum tidur sehingga tubuh bisa mencernanya sebelum pagi hari.

Baca juga: Hindari Diabetes Tipe 2 Dengan Rajin Sarapan Pagi

4. Makanan berprotein tinggi

Sementara bagi Anda yang memutuskan untuk menggabungkan sarapan dengan makan siang, Anda butuh asupan makanan yang membuat Anda kenyang lebih lama.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan makan makanan berprotein tingi seperti yogurt tanpa lemak, sereal, dan buah segar. Makanan ini bisa Anda konsumsi saat jam makan siang tiba.

(RN)

Comment di sini