Cara Memasak Nasi Agar Pulen

by
August 13th, 2013 at 3:35 pm

CiriCara.com – Meski terlihat sepele namun Anda harus memperhatikan beberapa hal saat memasak beras agar nasi menjadi pulen.

cara memasak nasi agar pulen

cara memasak nasi agar pulen / Ist.

Nasi yang pulen tentu saja lebih enak dinikmati dibandingkan nasi yang dimasak dengan cara yang salah. Selain itu, nasi yang pulen tidak mudah basi dan menguning meski sudah seharian didiamkan.

Maka, Anda perlu memperhatikan poin-poin berikut agar nasi yang Anda masak pulen dan enak untuk disantap.

1. Perhatikan kualitas beras

Kualitas beras sangat menentukan pulen atau tidaknya nasi yang dimasak. Jika Anda memilih beras dengan kualitas tinggi maka nasi akan menjadi pulen.

Beras berkualitas tinggi biasanya berwarna putih, berbau wangi, dan berbentuk panjang.

2. Masaklah dengan daun pandan

Selain menimbulkan aroma wangi, daun pandan juga bisa membuat nasi menjadi lebih pulen. Saat akan memasak nasi, masukkan 2-3 lembar daun pandan dan tunggu hingga matang.

Dengan cara ini maka nasi akan menjadi pulen dan wangi.

Baca juga: Cara Membuat Nasi Tim untuk Bayi

3. Perciki panci dengan air jeruk nipis

Sebelum memakai panci untuk memasak, perciki terlebih dulu dengan air jeruk nipis. Selain untuk mencegah nasi agar tidak lengket pada panci, cara ini juga bisa membuat nasi lebih pulen dan putih.

4. Gunakan air secukupnya

Langkah ini sangat menentukan hasil akhir nasi yang Anda masak. Pastikan bahwa air yang Anda gunakan untuk memasak tidak kurang atau berlebihan.

Cara mudah mengukur ketepatan air untuk memasak beras adalah memasukan jari telunjuk ke dalam air. Pastikan bahwa tinggi air dari permukaan beras tepat setinggi satu ruas jari telunjuk.

Baca juga: Cara Membuat Nasi Uduk Indie

5. Campurkan agar-agar putih

Saat memasak nasi, Anda juga bisa mencampurkan agar-agar putih dengan perbandingan 1 liter beras : 1/2 bungkus agar-agar putih.

Dengan mencampurkan agar-agar maka nasi akan menjadi lebih putih dan pulen.

(RN)

Comment di sini