Situs Andalan untuk Backpacker Ala Dua Ransel

by
August 13th, 2013 at 1:53 pm

CiriCara.com - Ada banyak cara untuk mengunjungi tempat-tempat cantik hingga ke pelosok dunia. Apabila penghasilan kita cukup memadai untuk membiayai paket perjalanan eksklusif, tentu tidak ada salahnya bepergian dengan gaya mewah.

Namun bagaimana jika anggaran yang kita miliki sangat terbatas? Apakah kita akan mengesampingkan impian untuk keliling dunia begitu saja?

tips backpacking, tips traveling, backpacking

Backpacking – Stedwards

Eits, jangan dulu berkecil hati. Buktinya pasangan suami-istri traveler Dina dan Ryan yang lebih dikenal dengan nama Dua Ransel berhasil membuktikannya.

Mereka telah berkelana ke lebih dari 40 negara di dunia selama 4 tahun terakhir dan hanya menyandarkan kebutuhan hidup sehari-hari dalam sebuah ransel. Sebagai independent traveler mereka sangat mengandalkan mobilitas informasi lewat internet sebagai panduan. Tertarik untuk mengikuti jejak mereka?

Berikut ini adalah situs andalan yang sangat bermanfaat bagi para traveler maupun yang bercita-cita menjadi traveler ala Dua Ransel.

1. Pengganti buku panduan dan seluk beluk backpacking

tips backpacking, tips traveling, backpacking

Wikitravel

Bagi Anda yang lebih tertarik berkelana dengan cara backpacking tentunya memilih barang bawaan secara efektif dan efisien merupakan poin yang sangat penting, karena hal tersebut berkaitan dengan berat beban yang harus ditanggung selama bepergian.

Semakin sedikit jumlah barang bawaan akan semakin ringan dan semakin banyak energi yang dapat dialokasikan untuk menjelajah tempat-tempat menarik. Wikitravel.org dan tripadvisor.com dapat dijadikan pengganti buku panduan dalam menelusuri tempat-tempat wisata menarik di suatu negara.

Baca juga: Cara Agar Liburan Menyenangkan ala Backpacker

Terlebih lagi tripadvisor.com dapat membantu Anda merencanakan perjalanan mulai dari pencarian tiket, akomodasi hotel, hingga destinasi yang direkomendasikan oleh banyak traveler. Selain itu, boards.bootsnall.com (Bootsnall Forum) dan travelindependent.info berguna bagi Anda yang sedang dalam tahap persiapan atau perencanaan keberangkatan. Banyak masukan dan informasi berharga yang dapat Anda gali dari para traveler senior yang sudah banyak makan asam garam di jalanan.

2. Pencarian tiket penerbangan murah

tips backpacking, tips traveling, backpacking

Skyscanner

Dalam mencari tiket-tiket penerbangan sebaiknya kita tidak hanya terpaku pada satu maskapai saja tanpa melirik maskapai lain. Situs yang menyediakan fitur untuk membandingkan harga tiket cukup banyak, salah satunya adalah Skyscanner.co.id yang cocok untuk penerbangan jarak dekat ataupun penerbangan lokal.

Anda juga dapat mengandalkan Kayak.com untuk pencarian tiket penerbangan berskala internasional, sedangkan penerbangan dalam negeri Tiket2.com adalah jagoannya.

3. Informasi kereta api seluruh dunia

tips backpacking, tips traveling, backpacking

Eurail

Transportasi kereta api juga dapat menjadi alternatif perjalanan yang menyenangkan. Apalagi jika Anda berhasil menyentuh daratan Eropa, perjalanan dari satu negara ke negara lainnya dapat ditempuh hanya dalam waktu beberapa jam saja menggunakan angkutan kereta api. Gunakan Eurail.com untuk mendapatkan informasi seputar perjalanan kereta api mengelilingi Eropa.

Situs yang dapat menjadi andalan Anda saat mencari berbagai informasi mengenai kereta api di seluruh dunia adalah seat61.com. Tidak hanya mencakup daratan Eropa, situs ini juga menyediakan informasi kereta api di kawasan Asia, Amerika, Australia, bahkan Afrika.

4. Pencarian tiket kapal pesiar

tips backpacking, tips traveling, backpacking

Cruise Complete

Perjalanan dengan menggunakan kapal pesiar yang mewah? Hmm, jangan dulu ciut dengan bayangan tingginya harga tiket. Menurut Dina dan Ryan, apabila kita jeli dalam mencari tiket-tiket promo, harga tiket kapal pesiar yang mewah justru bisa lebih murah dari harga tiket pesawat yang termurah sekalipun.

Belum lagi jika kapal pesiar yang kita tumpangi juga transit di beberapa pulau eksotis, sekali dayuh dua tiga pulau terlampaui tidak lagi menjadi sekedar ungkapan, bukan? Situs vacationstogo.com bagus digunakan untuk pencarian dan membandingkan harga, sedangkan untuk memesan tiket dapat mengakses smartcruiser.com dan cruisecomplete.com.

5. Pencarian akomodasi sewa tempat tinggal

tips backpacking, tips traveling, backpacking

Hostel Bookers

Akomodasi selama kita menetap di negeri orang sebaiknya diurus sebelum keberangkatan agar terhindar dari risiko kehabisan kamar dan akhirnya malah terlunta-lunta di jalanan. Ada berbagai pilihan tempat tinggal mulai dari hotel, hostel, motel, inn, guesthouse, dan lain-lain. Untuk mencari tempat penginapan murah, Anda dapat mengakses hostelbookers.com.

Baca juga: Cara Aman Travelling Sendirian untuk Wanita

Selain itu hostelworld.com juga menawarkan lebih banyak pilihan, namun dari segi harga situs ini masih kalah murah. Jika Anda masih belum menemukan penginapan yang cocok, booking.com dan agoda.com mungkin bisa Anda tengok. Mulai dari penginapan yang murah sampai yang mahal ada di sana. Sedangkan untuk membandingkan akomodasi dari berbagai search engine Anda dapat mengakses hotelscombined.com.

6. Informasi seputar visa bagi WNI

tips backpacking, tips traveling, backpacking

Visa Indonesia

Konon bagi Warga Negara Indonesia yang memegang paspor hijau seringkali mengalami hambatan saat hendak mengurus visa. Namun jangan khawatir, sebagai permulaan kita bisa merencanakan perjalanan dengan menyambangi negara-negara tertentu yang relatif bersahabat terhadap pendatang dari Indonesia.

Ada beberapa negara yang memang terikat perjanjian bebas visa, sehingga kita bisa datang langsung tanpa harus mengurus visa terlebih dahulu di tanah air. Ada juga negara yang menerapkan Visa on Arrival, yakni visa dapat langsung dibuat saat kita mendarat di negara tujuan. Anda bisa mengecek daftar negara di situs resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Apakah Anda merasa semakin tertantang untuk mencoba travelling dengan gaya yang tidak biasa? Semoga panduan di atas bermanfaat bagi perjalanan Anda. (TZ)

Comment di sini