Kasus Rudi, Presiden SBY Dukung Penuh Tindakan KPK

by
August 15th, 2013 at 11:08 am

Jakarta (CiriCara.com)Rudi Rubiandini, Kepala SKK Migas diseret Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai terduga kasus korupsi yang terjadi di lingkungan SKK Migas.

Rudi Rubiandini, Kepala SKK Migas

Rudi Rubiandini, Kepala SKK Migas / Ist.

Penetapan terduga kasus korupsi dari KPK terhadap Kepala SKK Migas ini sudah diketahui oleh pihak Istana Negara termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bagaimana tanggapan SBY terhadap jajarannya yang tersangkut kasus korupsi?

Diberitakan oleh Detik.com, Presiden SBY menyerahkan seluruh penanganan kasus tersebut kepada KPK.

“Bahwa Presiden tidak akan mencampuri ranah hukum jadi kalau itu sudah dilakukan proses secara hukum ya silakan dijalankan.Karena hukum di mata Presiden jelas, tanpa pandang bulu, tanpa tebang pilih. Silakan diproses,” jelas Jubir Presiden Julian Aldrin Pasha di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2013 kepada sumber berita.

Dengan tertangkapnya Rudi, menurut SBY, aparat pemerintah harus lebih belajar untuk lebih bertanggung jawab dalam mengemban tugas yang diberikan. Pemberantasan korupsi menurut orang nomor satu di Indonesia itu harus berjalan secara tegas tanpa memandang jabatan.

SBY juga menginginkan adanya kepastian sehingga penyelenggaraan dan pengelolaan hulu minyak dan gas bumi tersebut berjalan dengan baik tanpa terganggu oleh penangkapan Rudi Rubiandini.

Kasus tertangkapnya Kepala SKK Migas ini membuat pihak ESDM kemungkinan akan melakukan evaluasi terhadap badan SKK Migas. Di sisi lain meski sudah tertangkap oleh KPK, namun status Rudi belum menjadi tersangka korupsi di SKK Migas karena KPK masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap Rudi. (RN)

Comment di sini