Cegah Kanker Payudara dengan Makan Sayuran Ini

by
August 16th, 2013 at 11:19 am

CiriCara.com – Salah satu penyakit yang masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar wanita adalah kanker payudara. Kanker payudara merupakan penyebab kematian kedua akibat kanker wanita setelah kanker leher rahim atau serviks dan merupakan kanker yang paling banyak ditemui pada wanita.

tips kesehatan, kanker payudara, mencegha kanker payudara, tips mencegah kanker payudara, wortel bisa mencegah kanker payudara

Mkaan wortel – Ist

Penderita penyakit ini tak bisa dikatakan sedikit, terbukti setiap tahun penderitanya terus bertambah. Para peneliti meyakini bahwa keadaan sosial ekonomi, perubahan gaya hidup, serta perubahan pola menstruasi ternyata berkaitan dengan peningkatan risiko untuk terjadinya kanker payudara.

Informasi mengenai pencegahan kanker payudara sudah banyak diberitakan di berbagai media. Misalnya, mengurangi lemak, olahraga secara teratur, mengonsumsi kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya.

Salah satu sayuran yang bisa dikonsumsi para kaum hawa untuk mencegah kanker yaitu wortel. Wortel memang sangat baik untuk kesehatan mata dan otak. Tapi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa wortel juga baik dikonsumsi untuk mencegah kanker payudara.

Dilansir dari Okezone.com yang mengutip dari Realage.com, hasil penelitian itu menunjukkan bahwa responden yang mengonsumsi wortel tiga kali dalam seminggu terhindar dari risiko kanker payudara sebesar 17%.

Wortel mengandung antioksidan karatenoid yang mana senyawa tersebut membantu melindungi terhadap kerusakan DNA oksidatif, sebuah tahapan dalam proses terjadinya kanker di organ tubuh manusia.

tips kesehatan, kanker payudara, mencegha kanker payudara, tips mencegah kanker payudara, wortel bisa mencegah kanker payudara

Jus wortel – Ist

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi wortel bisa mengurangi penyebab lain dari kanker yaitu menekan hormon estrogen negatifnya. Estrogen memang disebut-sebut hormon yang mempercepat perkembangan sel kanker payudara pada wanita.

Oleh karena itu, bagi para wanita yang ingin tak terkena kanker payudara sebaiknya sering-sering mengonsumsi wortel setidaknya seminggu tiga kali. Wortel bisa Anda jadikan jus atau dimasak dengan dicampur beberapa jenis sayuran lain.

Selain untuk mencegah kanker payudara, wortel juga baik untuk memaksimalkan fungsi otak walau Anda sudah menginjak usia tua.

Baca juga: 6 Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara

(NR)

Comment di sini