Bulu Ketiak Wanita, Dicukur atau Dicabut?

by
August 19th, 2013 at 11:22 am

CiriCara.com – Banyak wanita yang rajin mencukur bulu ketiak karena merasa lebih percaya diri mengenakan pakaian tanpa lengan dengan kulit ketiak yang mulus.

tips kecantikan, tips mencukur bulu ketiak, tips mencabut bulu ketiak

Ketiak mulus tanpa bulu – Ist

Namun, tak sedikit yang bingung memilih metode yang paling tepat untuk menghilangkan bulu tersembunyi tersebut.

Secara umum, ada dua cara  yang bisa ditempuh untuk melenyapkan bulu ketiak. Pertama, dengan mencukur. Kedua, dengan mencabut.

Baca juga: Cara Mencukur Bulu Ketiak Agar Kulit Tidak Menjadi Hitam

Masing-masing cara punya kelebihan dan kekurangan. Jika Anda memilih cara mencukur, bulu yang kelak akan tumbuh lagi menjadi lebih tajam dari sebelumnya.

Wanita yang cenderung punya bulu ketiak lebat biasanya lebih memilih cara mencukur karena lebih mudah dilakukan. Namun, alat pencukur bulu ini harus dipastikan kebersihannya.

Bulu ketiak memiliki akar yang dijadikan hunian beragam bakteri. Pencukuran bulu ketiak dengan menggunakan alat yang tidak higienis bisa menyebabkan peradangan yang berujung pada munculnya bisul di kulit.

Baca juga: Cara Tepat Menghilangkan Bulu Ketiak, Tangan, dan Kaki

Di lain sisi, ada wanita yang memilih cara mencabut bulu ketiak karena meyakini mitos bahwa bulu tidak akan bisa tumbuh lagi setelah dicabut.

Dokter Marc Avram, seorang profesor dermatologi asal Weil-Cornell Medical School, New York, AS pernah menjelaskan bahwa pencabutan bulu/rambut tidak akan bisa menghalangi pertumbuhan kembali, kecuali dilakukan berulang-ulang di bagian yang sama.

Dokter Avram menerangkan ketika dicabut, bagian bulu yang tercabut hanyalah batangnya saja. Akar bulu masih tertinggal. Namun bila terus-menerus dicabut, akar akan rusak karena terdapat peradangan pada jaringan.

Baik dengan menggunakan cara mencukur atau mencabut, wanita yang ingin menghilangkan bulu ketiaknya wajib memastikan alat yang digunakan terbebas dari kotoran yang bisa menyebabkan peradangan.

Peradangan akibat alat yang tidak bersih bisa membuat kulit ketiak menjadi hitam.

Baca juga: Cara Agar Tak Gatal Setelah Mencukur Bulu di Tubuh

(hp)

Comment di sini