Tahun 2014, Siswi SMA Prabumulih Harus Tes Keperawanan

by
August 20th, 2013 at 8:37 am

Prabumulih (CiriCara.com) – Meski terdengar sangat kontroversial, namun Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Prabumulih, Sumatera Selatan telah berencana membuat kebijakan baru bagi para siswi Sekolah Menengah Atas (SMA).

Ilustrasi siswi SMA

Ilustrasi siswi SMA / Ist.

Kebijakan tersebut mewajibkan semua siswi sekolah di Prabumulih untuk mengikuti tes keperawanan.

Tujuannya adalah untuk mengantisipasi maraknya kasus siswi sekolah yang berbuat mesum dan sering melakukan praktik prostitusi.

Diberitakan oleh Kompas.com, hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, HM Rasyid. Menurutnya, tes yang diadakan untuk siswi SMA sederajat tersebut sudah diajukan dalam APBD 2014.

Disdik Kota Prabumulih memahami jika tes yang akan diajukan itu akan mendapat kritikan dan kecaman dari berbagai pihak dan dianggap melanggar hak asasi para siswi sekolah. Namun, Rasyid mengatakan bahwa tes tersebut juga bertujuan agar seluruh siswi tak terjerumus ke hal-hal yang bersifat negatif.

Rencana ini mendapat reaksi keras dari pihak DPRD Sumatera Selatan. Wakil rakyat tersebut tidak menyetujui rencana tes keperawanan yang dilakukan terhadap para siswi SMA.

“Kami tak setuju rencana Dinas Pendidikan Prabumulih itu. Saya berharap, DPRD dan pemkot setempat tak menyetujui usulan itu dimasukkan dalam APBD 2014,” kata Wakil Ketua DPRD HA Djauhari, Senin 19 Agustus 2013 seperti dikutip oleh Tribunnews.com.

Menurut Djauhari, alasan yang diungkapkan oleh Disdik untuk mengadakan tes keperawanan tidak bisa dinilai secara logis. Disdik seharusnya mendorong siswa siswi untuk melakukan kegiatan yang positif dalam pergaulan ketimbang mengadakan tes keperawanan di sekolah. (RN)

Comment di sini