Wabah “Burung Merpati Zombie” Guncang Moskow

by
August 20th, 2013 at 10:25 am

Moskow (CiriCara.com) – Beberapa minggu belakangan ini warga Moskow, Rusia, dikejutkan dengan banyaknya burung merpati yang tiba-tiba mati di jalanan kota.

zombie, merpati zombie, rusia, fenomena aneh

Merpati mati di jalanan Rusia – RFERL

Sebelum mati, burung-burung ini dilaporkan bertingkah seperti zombie, mengabaikan mobil dan orang-orang yang berlalu-lalang.

Seorang warga Moskow bernama Umid mengatakan perilaku burung merpati di kotanya tidak seperti biasanya.

“Waktu berjalan ke tempat kerja, aku biasanya melihat burung-burung merpati berlarian dan melompat-lompat. Tapi akhir-akhir ini, mereka sama sekali tidak bereaksi,” kata Umid.

Baca juga: Jutaan Nyamuk Serbu Desa di Rusia (Foto)

“Saat seseorang berjalan melewati, mereka biasanya terbang. Tapi kini mereka hanya di sana seperti ketakutan dan tidak memperhatikan Anda. Mereka terlihat tidak normal. Aku pernah melihat burung merpati bertingkah ganjil, berputar-putar melingkar,” lanjutnya.

Banyak warga Moskow yang sadar dengan situasi yang mewabah ini. Sebagian besar mengunggah foto dan artikel tentang fenomena aneh yang mereka sebut “merpati zombie”.

“Seperti kiamat burung,” kata seorang pengguna Twitter asal Moskow.

Namun fenomena aneh ini telah diklarifikasi oleh pihak berwenang Rusia.

Baca juga: Foto: Rayakan Halloween, Tokyo Hadirkan Kafe Zombie

Menurut Leonid Pechatnikov, wakil walikota Moskow bidang masalah sosial, burung-burung ini mati karena infeksi saluran pencernaan. Tetapi penyakit ini tidak berbahaya bagi manusia.

Natalia Anisimova, dokter hewan yang telah meneliti puluhan burung merpati yang sakit selama beberapa minggu, menemukan bahwa infeksi ini punya banyak macam, bisa berupa infeksi bakteri, ornithosis, salmonellosis, atau penyakit Newcastle.

Pada 14 Agustus, dinas layanan kesehatan hewan Rusia mengonfirmasi bahwa penyakit Newcastle dan salmonellosis terdeteksi dalam sejumlah burung merpati yang sakit.

Meskipun disebut tidak membahayakan manusia, pemerintah mengimbau warga untuk tidak menyentuh burung yang sakit atau mati dengan tangan telanjang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penelitian tentang fenomena ini masih berlanjut.

(hp)

AOL

Comment di sini