Cara Menjaga Kehamilan Jelang Persalinan

by
August 21st, 2013 at 3:12 pm

CiriCara.com – Hamil usia tua adalah ketika sudah memasuki usia 7-9 bulan atau sekitar 26-30 minggu. Bagi Ibu yang kehamilannya sudah menginjak pada usia tua, sebaiknya berhati-hati dan tetap menjaga kesehatan.

tips kehamilan, tips sehat saat hamil, menjaga kehamilan jelang persalinan, tips lesehatan

Menjaga kehamilan usia tua – Ist

Ketika kehamilan sudah berusia 7-9 bulan, tentunya juga menjadi hal yang ditinggu-tunggu oleh si ibu dan suami untuk proses persalinan. Mereka tentunya akan semakin tidak sabar untuk mengetahui jenis kelamain ataupun bentuk wajah si calon bayi nanti.

Ibu hamil yang sedang hamil tua sangat disarankan untuk tetap menjaga kehamilannya. Tujuannya adalah agar proses persalinan nanti berjalan lancar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan si ibu hamil tua untuk menjaga kehamilannya. Bagaimana?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara menjaga kehamilan jelang persalinan:

1. Hindari posisi membungkuk

Sebaiknya si ibu yang sedang hamil tua tidak membungkuk saat berjalan atau sedang bersantai. Posisi membungkuk bisa membuat pinggul terasa sakit. Saat tidur, sebaiknya dengan posisi berbaring miring ke kanan atau kiri dengan lutut dan kaki ditekuk. Bila perlu, letakkan bantal di antara perut dan lutut agar bayi dalam kandungan merasa nyaman.

2. Berolahraga ringan

tips kehamilan, tips sehat saat hamil, menjaga kehamilan jelang persalinan, tips lesehatan

Wanita hamil tua – Corbis

Melakukan olahraga ringan saat hamil sangat dianjurkan oleh para dokter kandungan. Olahraga ringan memang perlu Anda lakukan hingga menjelang kehamilan. Selain mengurangi stres, olahraga ringan juga bisa membantu ibu hamil menguatkan otot perutnya. Untuk itu, biasakan berjalan santai pada pagi atau sore hari, yoga, atau berenang saat hamil.

Baca juga: Cara Aman Berolahraga Saat Hamil

3. Oleskan salap untuk atasi stretch mark

Ketika perut mulai membesar, Anda mungkin akan menemukan stretch mark di sekitar perut. Jika merasa risi, maka And abisa mengoleskan salap. Namun sebelumnya, tanyakan hal ini dulu kepada dokter kandungan Anda.

Baca juga: Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

4. Pastikan kamar mandi tidak licin

Sering buang air kecil saat hamil tua merupakan hal yang wajar karena kandungan Anda menekan kandung kemih. Untuk itu, sebaiknya kamar mandi tidak jauh dari tempat tidur Anda. Selain itu, pastikan juga lantai kamar mandi tidak licin untuk menghindari terpeleset.

Itulah menjaga kehamilan jelang persalinan. Saat hamil tua, pastikan Anda selalu dalam kondisi sehat agar proses persalinan nantinya bisa berjalan lancar.

Baca juga: Cara Agar Proses Persalinan Lancar

(NR)

Comment di sini