Komentar Tina Toon Soal Tes Keperawanan

by
August 22nd, 2013 at 10:58 am

Jakarta (CiriCara.com) – Tes keperawanan yang rencananya akan diajukan oleh Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, Sumatera Selatan menimbulkan komentar berbeda dari berbagai kalangan dan instansi.

tina toon ikut berkomentar soal tes keperawanan

Tina Toon / Ist.

Setelah para petinggi di daerah dan negara, kini mantan artis cilik Tina Toon ikut berkomentar soal tes keperawanan yang sedang mencuat dan menuai kontroversi ini.

Diberitakan oleh Kompas.com, Tina Toon yang baru saja berulangtahun ke-20 merasa prihatin terhadap maraknya anak-anak SMA yang berpacaran layaknya wanita dewasa sehingga tes keperawanan terpaksa diusulkan oleh Dinas Pendidikan untuk mengatasinya.

Menanggapi adanya tes keperawanan itu, Tina Toon tidak bisa memastikan apakah ia mendung atau tidak. Namun yang pasti, mantan artis cilik tersebut mengusulkan agar cara pengetesan yang dilakukan terhadap para siswi tidak membuat mereka malu.

“Sebenarnya sih tujuan dan maksudnya bagus untuk mengingatkan budaya kita bahwa sebelum nikah nggak boleh hilang keperawanan. Tapi soal caranya ya harus dipikirkan, jangan sampai membuat malu,” kata Tina.

Tina juga menyarankan agar tes tersebut dilihat dari sisi positifnya saja. Menurut Tina usaha tersebut memang dilakukan oleh pemerintah dengan harapan tidak ada anak-anak SMA yang melakukan hubungan seksual di luar nikah dan hamil.

Rencana tes keperawanan yang akan diterapkan kepada para siswi-siswi di Kota Prabumulih ini dibenarkan oleh Kadin Dikdis Kota Prabumulih, HM Rasyid.

Kebijakan ini mendapat protes dari pakar pendidikan dan juga anggota DPRD Sumatera Selatan. Menurut mereka, masih ada banyak cara yang bisa diambil untuk menjadikan moral anak lebih baik ketimbang mengadakan tes keperawanan.

Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh juga menyangsikan keefektikan tes ini. Ia masih mempertanyakan maksud dan tujuan dari tes keperawanan terhadap calon siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) tersebut. (RN)

Comment di sini