Tes Keperawanan Siswi SMA Didukung Pejabat Pamekasan

by
August 22nd, 2013 at 1:13 pm

Pamekasan (CiriCara.com) – Isu tes keperawanan yang akan dilakukan terhadap siswa SMA  di Kota Prabumulih ternyata juga mendapat dukungan. Dukungan ini berasal dari Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.

para pelajar SMA dites keperawanan

Ilustrasi para pelajar SMA / Ist.

Para pengelola pendidikan di Kabupaten tersebut juga menggulirkan gagasan tentang tes keperawanan untuk siswi sekolah di wilayah mereka.

Hal ini diungkapkan sendiri oleh Sekretaris Dewan Pendidikan Pamekasan, Ahmad Zaini. Menurutnya, tes keperawanan dalam bentuk penentuan kelulusan siswa bisa diterapkan dalam konsep yang lebih matang.

Konsep perlu dimatangkan karena ketidakperawanan tidak selalu disebabkan oleh hubungan seksual namun juga bisa karena kecelakaan dan olah raga berat.

Dilansir dari Tempo.co, tes keperawanan bisa menimbulkan modus kejahatan baru seperti jual beli sertifikat keamanan. Menurutnya, selain tes keperawanan, sekolah juga perlu menerapkan tes bebas narkoba kepada siswa untuk syarat kelulusan diterima di salah satu SMA.

Jika seorang siswi terbukti tidak perawan karena telah berhubungan seksual maka siswi tersebut tidak diterima di sekolah. Namun bagi para siswi yang tidak perawan karena kecelakaan dan olahraga berat tetap diperbolehkan untuk masuk ke sekolah.

Rencana tes keperawanan yang akan diterapkan kepada para siswi-siswi di Kota Prabumulih ini dibenarkan oleh Kadin Dikdis Kota Prabumulih, HM Rasyid.

Kebijakan ini mendapat protes dari pakar pendidikan dan juga anggota DPRD Sumatera Selatan. Menurut mereka, masih ada banyak cara yang bisa diambil untuk menjadikan moral anak lebih baik ketimbang mengadakan tes keperawanan.

Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh juga menyangsikan keefektikan tes ini. Ia masih mempertanyakan maksud dan tujuan dari tes keperawanan terhadap calon siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) tersebut. (RN)

Comment di sini