Cara Membuat Kartu Kuning untuk Tes CPNS

by
August 23rd, 2013 at 11:26 am

CiriCara.com – Tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2013 ini akan segera dibuka. Apakah Anda termasuk orang yang akan mengikutis tes CPNS pada tahun ini?

info cpns, pns, membuat kartu kuning, cara membuat kartu kuning untuk tes cpns, tes cpns

Kartu kuning

Untuk bisa mengikuti Tes CPNS dan menjadi PNS itu tentunya ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Beberapa persayaratan itu, seperti Anda harus berkewarganegaraan Indonesia, tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika, tidak pernah mendapatkan hukuman di penjara, dan beberapa berkas-berkas lainnya yang harus dipenuhi.

Baca juga: Cara Melamar Menjadi PNS

Adapun beberapa berkas yang harus Anda penuhi, antara lain memfotokopi KTP, mengisi dan menandatangani Daftar Riwayat Hidup Singkat, SKCK, Surat Keterangan Dokter, kartu pencari kerja atau kartu kuning, dan lain sebagainya.

Kali ini, CiriCara akan memberikan informasi mengenai cara membuat kartu kuning atau kartu pencari kerja. Surat kuning merupakan bukti dari seorang pelamar pekerjaan dalam melakukan pelamaran kerja pada suatu instansi atau perusahaan. Untuk itu, kartu kuning penting Anda buat jika ingin mengikuti tes CPNS pada tahun ini sesuai keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 11 Tahun 2002.

Surat kuning bisa Anda langsung buat di kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat. Bagi Anda yang membuat Kartu Tanda Pencari Kerja (AK-1) atau kartu kuning untu mengikuti tes CPNS, berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

info cpns, pns, membuat kartu kuning, cara membuat kartu kuning untuk tes cpns, tes cpns, kartu pencari kerja

Membuat kartu kuning – Ist

1. Isi form identitas pencari kerja yang disediakan oleh Disnaker

2. Foto berwarna 3×4 2 lembar

3. Fotokopi KTP sesuai domisili

4. Fotokopi Ijazah pendidikan terakhir dan trankrip nilai

5. Fotokopi sertifikat keterampilan (jika ada)

6. Fotokopi Surat keterangan pengalaman kerja (jika ada)

Itulah persyaratan yang harus Anda penuhi. Masukkan semua berkas tersebut ke dalam stopmap. Namun terkadang, ada beberapa persayaratan lain yang harus dipenuhi sesuai dengan kantor Disnaker setempat.

Baca juga: Cara Mendaftar CPNS 2013 Lewat Online

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes CPNS pada tahun ini sebaiknya mempersiapkan diri dengan matang. Tujuannya agar bisa lolos mejadi PNS. penerimaan CPNS akan dilakukan dengan murni dan transparan di mana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat.

Baca juga: Jadwal Lengkap Pendaftaran dan Pelaksanaan Tes CPNS 2013

(NR)