Di Tengah Konflik, Pemuda Muslim Mesir Ikut Jaga Gereja

by
August 23rd, 2013 at 11:53 am

Kairo (CiriCara.com)Konflik berdarah yang terjadi Mesir dalam beberapa waktu terakhir ini membuat porak-poranda negara tersebut.

Pemuda Muslim Jaga Gereja di Mesir

Pemuda Muslim Jaga Gereja di Mesir / Twitter

Ratusan korban jiwa melayang dan kerugian materiil semakin bertambah sebab konflik itu juga menyasar rumah, fasilitas umum, dan bahkan tempat ibadah. Baik masjid dan gereja turut menjadi sasaran amukan massa.

Namun di balik konflik yang terus berlanjut hingga hari ini, ada sebuah pemandangan menyejukkan yang beredar di dunia maya. Sebuah foto menampilkan para pemuda Muslim yang sedang berdiri di depan sebuah gereja Katolik beredar di dunia maya.

Dalam foto tersebut, para pemuda saling berdiri berjajar dan bergandengan tangan mengelilingi wilayah gereja. Mereka melindungi para umat Katolik yang sedang menghadiri misa di dalamnya. Maklum saja, karena akhir-akhir ini terjadi peningkatan serangan terhadap orang-orang Kristen oleh kaum militan di negara tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, aksi para pemuda itu diabadikan oleh Pater James Martin SJ, imam Yesuit dan editor at large majalah nasional Katolik, America yang kemudian mengunggahnya di Twitter miliknya. Kicauan itu mendapat retweet lebih dari 600 kali dan menjadi favorit 300 pengguna Twitter.

Dalam konflik berdarah di Mesir, ketegangan antara umat Kristen dan pendukung Ikhwanul Muslimin meningkat dan sering berujung kekerasan. Hal ini disebabkan karena sejumlah kaum militan Islam menyalahkan kaum minoritas Kristen karena dituding mendukung penyingkiran Mohammad Morsi.

Kaum minoritas Kristen di negara tersebut diduga kuat hanya menjadi kambing hitam saja. Namun dampaknya, gereja dan lingkungan umat Kristen menjadi sasaran serangan.

Tercatat hampir 60 gereja di seluruh Mesir menjadi sasaran dari kaum radikal. Tidak hanya itu, mereka juga menyerang rumah, tempat usaha, dan bahkan panti asuhan Kristen. (RN)

Comment di sini