5 Penyebab BlackBerry Terancam Bangkrut

by
August 26th, 2013 at 10:55 am

CiriCara.com – Perusahaan asal Kanada, BlackBerry dikabarkan tengah berada dalam masa keterpurukan. Bahkan, ada kabar yang menyebutkan bahwa BlackBerry akan menjual perusahaannya ke pihak lain.

blackberry, blackberry z10, blackberry 10

BlackBerry 10 – Indiatimes

BlackBerry sebelumnya pernah menjadi salah satu perangkat telekomunikasi yang terfavorit. Mulai dari perusahaan-perusahaan hingga pemerintahan, banyak yang memilih BlackBerry untuk berkomunikasi.

BlackBerry dianggap sebagai perangkat yang mempunyai keamanan tinggi di fitur pesan singkat seperti BlackBerry Messenger (BBM) dan juga e-mail. Sayangnya, kejayaan BlackBerry itu tidak berlangsung lama.

Munculnya platform baru seperti Android dan iOS, membuat BlackBerry mulai ditinggalkan oleh para penggunanya. Untuk itu, BlackBerry pun merilis sistem operasi (OS) BlackBerry 10. Namun, OS baru BlackBerry itu tetap tidak bisa merubah keadaan.

Seperti dilansir Tech Hive, berikut 5 penyebab BlackBerry terancam bangkrut:

1. Terlambatnya OS BlackBerry 10

Sistem operasi BlackBerry 10 dan platformnya resmi diluncurkan pada awal tahun 2013. Namun, hal itu dinilai sudah terlambat. Pasalnya, sejumlah platform terbaru Android dan iOS sudah diluncurkan jauh lebih cepat dari BlackBerry. Hal itulah yang diduga membuat para penggemar BlackBerry mulai beralih ke platform lain.

2. Kurangnya aplikasi

Fitur yang ditawarkan OS BlackBerry 10 memang cukup menawan. Namun, aplikasi yang tersedia untuk OS tersebut masih kurang dibanding aplikasi di Android maupun iOS. Hal ini disebabkan karena BlackBerry 10 kurang didukung oleh pengembang aplikasi ternama seperti, Instagram, Path, dan Google Maps. Tentu hal ini cukup mengecewakan bagi pengguna BlackBerry.

3. Penjualan produk terbaru BlackBerry

BlackBerry belum lama ini telah merilis produk terbarunya, Z10, Q10, dan Q5. Meski sudah memakai OS BlackBerry 10, ketiga perangkat itu masih kurang laku. Bahkan, penjualan ketiga perangkat itu masih kalah dari produk Nokia Lumia yang berbasis Windows Phone 8.

4. PlayBook BlackBerry

Kegagalan dalam merebut pasar tablet juga dinilai sebagai penyebab keterpurukan BlackBerry. Tablet pertama BlackBerry, PlayBook ternyata sepi peminat. Harga yang mahal, tidak adanya fitur e-mail, dan kurangnya aplikasi menjadikan PlayBook tenggelam dalam pasar tablet.

5. Perubahan minat pasar

Pasar enterprise yang dulu menggunakan BlackBerry kini mulai beralih ke platform lain, seperti iPhone dan Samsung. Minimnya fitur entertainment membuat para pengguna BlackBerry pun mulai melirik produk lain. Bahkan, beberapa pengguna menilai BlackBerry membosankan.

(YG)

Comment di sini