Persyaratan Umum Peserta Tes CPNS 2013

by
August 27th, 2013 at 3:11 pm

Jakarta (CiriCara.com)Tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara resmi akan diadakan dalam waktu dekat ini.

Ilustrasi tes CPNS 2013

Ilustrasi tes CPNS 2013 / Antara

Tentunya para calon peserta CPNS ini diharuskan menyiapkan data-data dan dokumen pendukung sebelum mengikuti tes yang diadakan pada bulan November 2013.

Untuk itu agar menghemat waktu akses, para peserta dihimbau untuk menyiapkan data-data dan dokumen pendukung minimal.

Dikutip dari Inilah.com, ini adalah dokumen persyaratan yang harus disiapkan oleh peserta tes CPNS 2013:

1. Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).

2. Tahun dan nomor ijasah pendidikan terakhir.

3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.

4. Berkas pasfoto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB.

5. Berkas fotokopi digital ijasah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB.

6. Surat elektronik (e-mail) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.

7. Judul dan abstrak tugas akhir / tesis / disertasi.

8. Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijasah dari Dikti – Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijasah.

Selain itu para peserta tes CPNS 2013 diharapkan untuk melakukan registrasi di situs yang benar serta mengisi formulir dengan tepat dan lengkap.

Kedua hal tersebut penting untuk diperhatikan karena ketidaksesuaian dengan berkas digital pendukung yang telah diunggah akan mengakibatkan ketidaklulusan pada tahap I atau verifikasi administrasi. Dalam proses verifikasi ini, panitia tidak bisa melakukan perubahan pada isian peserta.

Sementara itu, menurut Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengatakan bahwa pelaksanaan tes CPNS akan dibagi menjadi dua metode yaitu sistem yang menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK) dan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Tes CPNS dengan sistem CAT akan dimulai pada tanggal 29 September 2013 sedangkan tes dengan sistem LJK untuk pegawai honorer kategori dua dan pelamar umum akan digelar mulai 3 November 2013.

Untuk tes CAT, peserta wajib menyelesaikan 100 soal yang terdiri dari 35 soal tes wawasan kebangsaan (TWK), 30 soal tes intelegensia umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP).

Dalam pelaksanaan tes ini, panitia CPNS nasional akan bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk mengamankan proses teknologinya. (RN)

Comment di sini