Cara Kerja Sistem Ujian Computer Assisted Test CPNS 2013

by
August 28th, 2013 at 2:59 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Sistem penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 kali ini akan dilangsungkan lewat dua sistem yaitu LJK (Lembar Jawab Komputer) dan Computer Assisted Test (CAT).

Ruang Computer Assited Test CPNS 2013

Ruang Computer Assited Test CPNS 2013 / BKN

Sistem ini akan diterapkan pada penerimaan CPNS 2013 tahun ini dan dibuka mulai Juni 2013. Lalu apa yang dimaksud dengan sistem CAT?

Sistem penerimaan pegawai dengan CAT akan menggunakan teknologi komputer. Namun karena merupakan tahap awal, maka sistem ini baru bisa diterapkan untuk penerimaan CPNS Kementerian / Lembaga (Penerimaan CPNS Pusat). Provinsi yang sudah bisa menerapkan sistem ini adalah Provinsi DKI Jakarta.

Dengan metode ini, pemerintah akan mengubah skema penerimaan CPNS. Jika sebelumnya CPNS dibuka setahun sekali, kini sistem penerimaan pegawai negeri tersebut bisa dibuka setiap saat tergantung kebutuhan instansi.

Tujuan dari metode ini adalah menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional, menetapkan standar nilai, dan mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.

Apa keunggulan dari sistem CAT ini? Dilansir dari BKN.go.id, sistem ini memiliki beberapa manfaat antara lain:

  1. Peserta tes dapat mendaftarkan melalui internet
  2. Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh
  3. Komputer menyediakan keseluruhan materi soal Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan)
  4. Penilaian dilakukan secara obyektif
  5. Peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperoleh

Tes penerimaan CPNS 2013 akan diadakan dalam waktu dekat. Pelaksanaan tes CPNS dari pelamar umum dengan sistem CAT akan dimulai pada 29 September 2013. Sedangkan tes CPNS melalui sistem lembar jawaban komputer (LJK) untuk honorer katagori dua maupun pelamar umum akan diselenggarakan pada 3 November 2013. (RN)

Comment di sini