Gambar Wajah Dimanipulasi, Iklan Nivea Dilarang

by
August 28th, 2013 at 10:15 am

London (CiriCara.com) – Advertising Standards Authority (ASA) melarang peredaran poster iklan Nivea Vital karena dianggap telah melewati proses manipulasi sehingga foto wajah yang ditampilkan tampak lebih muda.

Iklan Nivea yang dilarang - Daily Mail

Iklan Nivea yang dilarang – Daily Mail

Daily Mail merilis kabar bahwa iklan yang menampilkan model berusia 62 tahun, Cindy Joseph, ini menyesatkan dan berlebihan dalam mengungkapkan efek penggunaan krim Nivea Vital.

Dalam poster, Cindy Joseph terlihat 20 tahun lebih muda dengan berkurangnya kerutan dan noda di wajah.

Krim yang dijual seharga £8.66 atau sekitar Rp.147.000 untuk ukuran 50ml ini diklaim mampu mengurangi tanda-tanda utama penuaan kulit dan kerutan serta meningkatkan ketahanan dan membantu mencegah noda di wajah akibat bertambahnya usia.

Baca juga: Pengidap Kanker Payudara Meninggal Setelah Bintangi Iklan Klinik TCM

ASA memutuskan untuk melarang iklan Nivea ini setelah melakukan investigasi sebagai tindak lanjut atas laporan masyarakat tentang dugaan adanya manipulasi foto di dalam iklan.

ASA mengungkapkan, Beiersdorf of Germany sebagai produsen produk tidak mampu memberikan bukti yang mendukung banyaknya klaim tentang efek penggunaan klaim pelembap tersebut.

Di dalam pernyataan resminya, otoritas periklanan yang berbasis di London, Inggris, tersebut mengatakan model yang ditampilkan pada iklan telah melalui proses sentuhan ulang yang ekstensif sehingga menghasilkan perubahan substansial pada penampilan model.

Baca juga: Cara Membuat Iklan di Facebook

“Garis dan kerutan pada wajahnya, terutama di sekitar mata dan mulut, telah dikurangi secara dramatis, dan beberapa bintik akibat usia telah dihilangkan,” ungkap ASA.

Sementara itu juru bicara Nivea mengaku menyesali masalah yang timbul karena gambar yang dipandang menyesatkan karena Nivea tidak pernah bermaksud membuat masyarakat bingung.

ASA, ditipu iklan, gambar manipulasi wajah, iklan dilarang, iklan nivea, iklan nivea dilarang, iklan nivea yang dilarang, Inggris, nivea, pelarangan iklan, penipuan iklan, poster iklan nivea.

Iklan Nivea yang dilarang pada 2010 – Daily Mail

Pada 2010, Nivea juga pernah disemprit ASA karena iklan pada bioskop dianggap menyesatkan. Iklan tersebut mengungkapkan bahwa 37% wanita yang menggunakan krim Nivea Visage Anti-Wrinkle Q10 Plus merasa lebih cantik daripada ketika mereka berusia 10 tahun lebih muda.

Sejumlah iklan produk kecantikan lain juga pernah kena lampu merah, seperti Olay Regenerist Definity Eye Illuminator yang dilarang pada 2009 karena foto model yang ditampilkan telah diedit.

Pada 2010, iklan L’Oreal “Teint Miracle” dikritik ASA karena memanipulasi wajah Julia Roberts. Larangan ini muncul hampir bersamaan dengan larangan terhadap iklan Maybelline yang menampilkan Christy Turlington.

Baca juga: Iklan Coca Cola Ajak Melihat Dunia dari Sisi Berbeda (Video)

(hp)

Daily Mail

Comment di sini