Materi Tes CPNS 2013 Sistem CAT

by
August 28th, 2013 at 4:04 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 akan diselenggarakan lewat dua sistem yaitu sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK) dan Computer Assisted Test (CAT).

Tes CPNS 2013

Ilustrasi tes CPNS 2013 / Ist.

Hal tersebut diungkapkan sendiri oleh Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Setiawan Wangsaatmaja.

Pelaksanaan tes CPNS 2013 dengan sistem CAT akan dimulai pada tanggal 29 September 2013 sementara tes dengan sistem LJK akan dimulai pada tanggal 3 November 2013.

Dilansir dari Detik.com, untuk sistem CAT, peserta diwajibkan untuk menyelesaikan 100 soal yang terdiri dari 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 30 soal Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Untuk TWK dan TIU, jika peserta salah menjawab maka nilainya nol namun jika mereka benar menjawab maka akan mendapat nilai 5.

Oleh karena itu agar tidak terjadi kesalahan maka akan diciptakan sebuah sistem untuk memutus transaksi tes yang ilegal. Pemerintah yakin bahwa tes dengan sistem CAT yang akan dimulai pada tahun 2013 ini bisa digunakan untuk menghindari praktik ilegal tersebut.

Pemerintah akan bekerjasama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk mengamankan sistem teknologinya. Nantinya,  Lemsaneg akan melindungi soal-soal pada sistem CAT agar tidak bocor. Keamanan untuk sistem CAT dijamin 100 persen oleh negara.

Sistem penerimaan pegawai dengan CAT akan menggunakan teknologi komputer. Namun karena merupakan tahap awal, maka sistem ini baru bisa diterapkan untuk penerimaan CPNS Kementerian / Lembaga (Penerimaan CPNS Pusat). Provinsi yang sudah bisa menerapkan sistem ini baru Provinsi DKI Jakarta. (RN)

Comment di sini