Susan Jasmine, Lurah Pilihan Jokowi yang Didemo Warga

by
August 28th, 2013 at 9:16 am

Jakarta (CiriCara.com) – Susan Jasmine Zulkifli merupakan salah satu lurah yang direkrut melalui lelang jabatan yang dihelat Gubernur DKI Jakarta Jokowi. Kini, Susan sudah resmi menjadi lurah di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Seperti apa cara kerja Susan sebagai lurah?

lurah susan, susan jasmine, lurah lenteng agung

Lurah Susan Jasmine – Ist

Dalam menjalankan tugasnya, Lurah Susan mengaku lebih suka “blusukan” untuk mengetahui kondisi warganya secara langsung. Dia juga ingin menghilangkan pandangan warga mengenai petugas kelurahan yang kerjanya cuma duduk saja.

“Saya tidak mau orang lihat kelurahan itu seperti itu. Saya turun ya turun saja,” kata wanita 43 tahun itu, seperti dikutip dari detik.com, Sabtu (24/8/2013) lalu.

Selain melihat kondisi warganya, Lurah Susan juga ikut memperhatikan kondisi fasilitas umum di wilayahnya. Jika ada jalan berlubang atau prasarana yang tidak memadai, Lurah Susan selalu memotretnya untuk didata.

Lurah Susan mengaku lebih suka bekerja dengan cara blusukan dibanding hanya duduk di kantor kelurahan. “Kalau cuma duduk saja saya capek. Saya duduk paling pas bikin laporan,” tuturnya.

Meskipun demikian, Lurah Susan ternyata masih belum bisa diterima oleh semua warganya. Ratusan warga Lenteng Agung dikabarkan akan melakukan aksi unjuk rasa untuk menolak lurah cantik itu pada Rabu (28/8/2013), hari ini.

Menurut salah satu warga bernama Mochamad Rusli, mereka menolak karena Lurah Susan merupakan pemimpin non-muslim. Padahal, di Lenteng Agung mayoritas warganya adalah seorang muslim.

“Jadi (Lurah Susan) tidak dapat hadir di acara keagamaan,” ujar Rusli. Hal ini disayangkan karena di Lenteng Agung biasanya selalu diadakan acara keagamaan seperti salat tarawih keliling. Namun, acara itu tidak digelar pada bulan puasa lalu karena lurahnya non-muslim.

Menurut Rusli, ajakan untuk berunjuk rasa menolak Lurah Susan itu sudah disebarkan dari mulut ke mulut. Rusli berharap akan ada banyak warga yang ikut dalam aksi unjuk rasa itu. “Lebih banyak yang datang, lebih baik,” ujarnya.

Hingga saat ini, Gubernur DKI Jakarta Jokowi masih belum mengambil sikap tegas atas penolakan warga Lenteng Agung tersebut. Rencananya, Jokowi akan melakukan dialog dengan warga terlebih dahulu.

(YG)

Comment di sini