Cara Mencegah Makan Camilan di Malam Hari

by
August 29th, 2013 at 1:44 pm

CiriCara.com – Siapa yang tak suka mengudap atau makan camilan? Mengudap makanan sering dilakukan banyak orang untuk menemaninya saat menonton televisi, bekerja, dan melakukan aktivitas lainnya.

Ngemil, makan camilan, nyemi, ngemil malam hari, cegah mengemil di malam hari, tips diet

Ngemil – Ist

Mengudap makanan tidak hanya asyik dilakukan pada siang hari. Tapi, banyak juga yang melakukannya padas sore atau malam hari. Namun, ketahuilah bahwa melakukan kebiasaan itu pada sore atau malam hari bisa menyebabkan Anda jadi merasa lapar di tengah malam.

Ketika hasrat ingin makan itu timbul, biasanya mereka akan mengonsumsi makanan yang praktis. Misalnya, mi instan, cake, keripik kentangm dan makanan yang mengandung tinggi kalori dan nol nutrisi. Meakukan hal tersebut tentunya bisa menyebabkan tubuh tidak sehat dan cepat gemuk.

Baca juga: 6 Makanan Ini Bisa Dimakan Malam Hari

Apakah mau berat badan Anda bertambah? JIka tidak, maka Anda harus menghilangkan kebiasaan mengudap makanan pada malam hari. Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal itu.

Dilansir dari Huffingtonpost.com, berikut cara mencegah makan camilan di malam hari:

1. Tidur lebih awal

Jangan biasakan diri tidur larut malam karena bisa membuat Anda jadi merasa lapar. Untuk mencegah kebiasaan makan besar atau camilan, Anda disarankan untuk tidur pada pukul 21.00 atau paling telat pukul 22.00. Selain untuk mencegah makan, tidur lebih awal juga baik bagi tubuh.

2. Menggosok gigi

Cara ini mungkin kuno, tapi cukup efektif dilakukan untuk mencegah makan camilan pada malam hari. Jika Anda menggosok gigi beberapa jam setelah makan, maka keinginan untuk kembali mengunyah akan hilang. Gigi yang bersih akan membuat Anda jadi tak mau makan lagi dan ingin segera tidur.

Baca juga: Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

Ngemil, makan camilan, nyemi, ngemil malam hari, cegah mengemil di malam hari, tips diet

Ngemil malam hari – Thinkstock

Ngemil, makan camilan, nyemi, ngemil malam hari, cegah mengemil di malam hari, tips diet

3. Mencari kesibukan

Tak bisa tidur lebih awal? Jangan khawatir, Anda bisa mencoba cara lain yaitu mencari kesibukan. Buatlah diri Anda menjadi sibuh dengan melibatkan tangan. Misalnya, menulis di blog, membuat kerajinan, memakai kutek, dan lain sebagainya. Jika tangan Anda sedang sibuk, maka kemungkinan besar malas untuk mencamil makanan lagi.

4. Menelepon teman

Jika masih terjaga pada malam hari, maka jangan hanya terus berada di depan televisi. Hal tersebut tentunya bisa membuat Anda jadi ingin makan camilan. Oleh karena itu, cobalah menghubungi teman untuk mengobrol melalui telepon, atau jejaring sosial, seperti Skype.

5. Menempel foto di kulkas

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menempel foto di kulkas. Foto tubuh Anda yang saat ini, lalu tulis juga hal-hal yang membuat Anda termotivasi untuk bisa menurunkan berat badan. Dengan menempel foto di kulkas dengan berat badan yang sekarang, tentunya bisa mencegah Anda untuk membuka kulkas yang berisi camilan.

Itulah cara mencegah “ngemil” di malam hari. Jika terpaksa ingin makan camilan, maka sebaiknya Anda mengonsumsi camilan yang sehat saja, seperti buah. Dengan begitu, rasa lapar di tengah malam tak akan muncul dan membuat Anda dan berat badan pun tak bertambah.

Baca juga: Jangan Mengonsumsi 7 Makanan Ini Sebelum Tidur

(NR)

Comment di sini