Soal Tes CPNS 2013 Dijamin Tidak Akan Bocor

by
August 29th, 2013 at 10:45 am

Jakarta (CiriCara.com) – Naskah tes masuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 segera dirampungkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Tes CPNS 2013 diadakan pada bulan September 2013

Ilustrasi tes CPNS 2013 / Ist.

Dalam mengamankan naskah soal tes CPNS, Kemenpan-RB akan bekerjasama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). Hal ini diambil sebagai langkah pemerintah untuk memininamilisir kecurangan termasuk kebocoran soal tes CPNS 2013.

Dilansir dari Kompas.com, Setiawan Wangsaatmaja selaku Deputi Sumber Daya Manusia Kemen PAN-RB mengatakan bahwa ada tim yang mengamankan soal tersebut. Mereka juga terkoordinasi langsung dengan Lemsaneg agar kebocoran soal benar-benar tidak terjadi.

Lemsaneg sendiri masuk dalam Tim Pengamanan Teknologi sesuai dengan KepmenPAN-RB Nomor 216 Tahun 2013. Selain mengajak Lemsaneg, KemenPAN-RB juga mengajak komponen lainnya seperti Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Ombudsman RI, Kepolisian RI, hingga LSM.

Sementara saat ini, soal CPNS masih dikerjakan oleh konsorsium yang sudah hampir selesai dan dicetak. Panitia seleksi nasional kini juga sedang membahas petunjuk teknis penyelenggaraan seleksi CPNS 2013.

Tes CPNS 2013 sendiri akan diselenggarakan dalam dua sistem yaitu sistem LJK (Lembar Jawaban Komputer) dan CAT (Computer Assited Test).

Sistem CAT sendiri adalah sistem terbaru dalam penerimaan pegawai yang rencananya akan ditetapkan sejak tahun ini. Sistem ini akan menggunakan teknologi komputer untuk menyaring PNS.

Dengan sistem CAT maka pemerintah akan mengubah skema penerimaan CPNS. Jika sebelumnya CPNS dibuka setahun sekali, kini sistem penerimaan pegawai negeri tersebut bisa dibuka setiap saat tergantung kebutuhan instansi.

Baca jugaJadwal Lengkap Pendaftaran dan Pelaksanaan Tes CPNS 2013

(RN)

Comment di sini