Bandingkan Merah Putih dengan Kolor, Bos Malaysia Ditahan

by
August 30th, 2013 at 4:43 pm

Dumai (CiriCara.com) – Tidak sembarang orang bisa menghina lambang negara Indonesia, Bendera Merah Putih apalagi jika hal tersebut dilakukan oleh warga asing.

Broderick Chin / Liputan6

Broderick Chin / Liputan6

Penghinaan yang dilakukan terhadap lambang negara kebanggaan Indonesia ini dilakukan oleh seorang pengusaha Malaysia bernama Broderick Chin.

Pengusaha yang memimpin PT Kreasijaya Adhikarya di Dumai, Kepulauan Riau itu bahkan menyamakan bendera merah putih dengan kolor miliknya dan istri.

Menurut keterangan dari Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Pol Agus Rianto, perusahaan yang dipimpin oleh Broderick sejatinya hendak mengibarkan Bendera Merah Putih namun tidak ditemukan bendera merah putih saat itu.

“Kalau tidak ada (Bendera Merah Putih), ini pakai kolor saya yang warna putih, yang merah minta ibu,” kata Agus menirukan ucapan Broderick seperti dikutip oleh Liputan6.com, Jumat, 30 Agustus 2013.

Akibat ucapan yang telah merendahkan lambang negara Indonesia itu, Broderick terancam hukuman 5 tahun penjara atau denda sebesar Rp. 500 juta karena telah melanggar  Pasal 26 UU 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Kini Polres Dumai sudah menetapkan Broderick sebagai seorang tersangka dan sudah ditahan sejak 21 Agustus 2013 lalu.

(RN)

Comment di sini