Tips Diet: Cara Makan Agar Tak Cepat Lapar

by
August 30th, 2013 at 1:50 pm

CiriCara.com – Saat sedang diet, biasanya ada saja godaan untuk makan. Apalagi jika sedang berkumpul bersama teman. Tentunya peluang untuk makan makanan yang bikin gemuk jadi lebih besar. Anda bisa jadi meminum minuman bersoda, makan junk food, dan jenis cake lainnya.

Baca juga: 5 Metode Diet yang Aneh di Dunia

tips kesehatan, cara diet, tips diet, cara diet agar tak cepat lapar, cara diet agar merasa kenyang lebih lama, cara makan saat diet

Cara makan saat diet – Ist

Selain itu, rasa lapar mungkin akan terus-terusan datang saat sedang berdiet dan membuat Anda jadi ingin “mengemil”. Pernahkah hal tersebut Anda alami?

Saat sedang berdiet, sebaiknya Anda bisa mengendalikan nafsu makan. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bisa membuat perut kenyang lebih lama. Apalagi jika Anda ingin menjalankan diet OCD ala Deddy Corbuzier. Anda hanya disarankan untuk makan satu kali dalam sehari.

Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang tepat agar merasa kenyang lebih lama. Lalu, makanan apa saja yang bisa membuat seperti itu? Dilansir dari Wolipop.Detikcom, berikut cara makan agar tak cepat lapar:

1. MInum air putih sebelum makan

Sebelum makan, ada baiknya Anda meminum air putih dahulu 1-2 gelas. Air putih akan mengisi perut sehingga Anda lebih jadi lebih cepat kenyang atau tak makan berlebihan. Selain itu, Anda bisa mengurangi hingga 60 kalori setiap jam makan.

2. Ngemil kacang sebelum makan

Anda bisa makan camilan kacang sebelum makan. Pilih kacang yang bisa Anda makan, antara lain almond, mede, atau kacang tanah. Ketahuilah bahwa kacang mengandung serat, protein, dan lemak yang bisa membuat perut Anda jadi cepat kenyang atau makan lebih sedikit.

3. Pilih kentang untuk gantikan nasi

tips kesehatan, cara diet, tips diet, cara diet agar tak cepat lapar, cara diet agar merasa kenyang lebih lama, cara makan saat diet

Minum sebelum makan – Ist

Kentang mengandung karbohidrat koimpleks. Sebuah studi di British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti kentang, beras merah, dan oatmeal bisa membuat Anda kenyang hingga berjam-jam. Saat diet, cobalah untuk tidak mengonsumsi nasi putih, tapi menggantinya dengan makanan mengandung karbohidrat kompleks itu.

4. Makan aneka sayuran

Sayur yang memiliki warna hijau, oranye, seperti brokoli, selada, dan wortel bisa membawa sinyal kenyang pada otak sehingga perut jadi terasa cepat penuh. Sayuran tersebut mengandung sekitar 90% air dan kaya akan serat.

5. Tambahkan cuka atau kayu manis

Menurut penelitian dari Departement of Agricultural and Food Sciences di Zurich, Swiss menunjukkan bahwa bahan ini bisa mengontrol kadar gula dalam darah yang bisa membuat Anda cepat kenyang dan lama merasakan lapar kembali.

6. Makan ikan

Untuk lauk, sebaiknya Anda memilih makanan laut dibandingkan daging merah. Misalnya ikan salmon. Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang bisa membantu perut lebih kenyang dan bertahan hingga beberapa jam.

Itulah cara makan agar tidak cepat lapar. Jika melakukan cara tersebut, maka hasrat untuk mengemil makanan ringan akan hilang. Dengan begitu Anda akan sehat dan diet pun berhasil. Selamat mencoba.

Baca juga: Tips Diet: 6 Makanan Ini Bisa Dimakan Malam Hari

 

(NR)

Comment di sini