Pendaftaran Tes CPNS Pemda DKI Dibuka 2 September 2013

by
September 2nd, 2013 at 2:10 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 untuk Pemda DKI Jakarta kembali dibuka setelah vakum selama dua tahun.

Tes CPNS Pemda DKI Jakarta

Tes CPNS Pemda DKI Jakarta / Ist.

Namun Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB) belum memberikan persetujuan usulan formasi CPNS untuk Pemprov DKI Jakarta.

Oleh karena itu, pendaftaran yang seharusnya sudah dimulai sejak kemarin, 1 September 2013 diundur ke hari Senin, 2 September 2013 besok.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, I Made Karmayoga. Menurutnya, pihaknya sampai saat ini belum mendapat persetujuan formasi.

Pemprov DKI Jakarta sendiri mendapat kuota sebanyak 1.515 CPNS. Kuota itu tersebar di berbagai formasi antara lain 25 persen untuk tenaga pendidik, 35 persen untuk tenaga kesehatan, dan 45 persen untuk tenaga teknis yang meliputi teknis, tata kota, planologi, arsitektur, serta teknisi umum yang meliputi ekonomi, administrasi umum, sosial, politik, dan budaya. Sementara itu formasi yang ada di KemenPAN dan RB diusulkan 20, 30, dan 50 persen.

Penetapan dari KemenPAN dan RB baru keluar hari ini, 2 September 2013. Setelah penetapan ini keluar maka pihak BKD DKI Jakarta baru akan membuat pengumuman kepada masyarakat.

Sedangkan persyaratan untuk mengikuti CPNS Pemda DKI 2013 ini sama seperti mengikuti CPNS biasanya yaitu berupa KTP, ijazah, transkrip nilai, dan TOEFL minimal 400.

Hingga saat ini, BKD DKI Jakarta masih mengkaji apakah peserta seleksi hanyak berlaku bagi mereka yang memiliki KTP DKI Jakarta atau diizinkan untuk ber-KTP luar DKI Jakarta.

Para pelamar bisa mendaftar lewat jalur online di rekrutmen.jakarta.go.id dan jalur PO BOX. Sedangkan Pemprov DKI tidak membuka pendaftaran CPNS secara manual atau dengan langsung mendatangi kantor BKD DKI Jakarta di Blok G Balaikota.

Tes CPNS Pemda DKI Jakarta dibuka setelah moratorium pengangkatan PNS selama dua tahun dicabut. Sementara itu, tes PNS DKI Jakarta nanti akan dibagi menjadi dua yaitu tes umum dan tes pengangkatan pegawai honorer.

Pegawai honorer akan diangkat pada bulan Oktober 2013 atau setelah tes umum selesai dilaksanakan. Hingga saat ini di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ada sekitar 18 ribu tenaga honorer yang belum diangkat.

Pendaftaran CPNS Pemda DKI Jakarta 2013 dibuka melalui sistem online dari tanggal 9 hingga 20 September 2013. Sedangkan tes penerimaan CPNS akan dilaksanakan pada 29 September 2013. (RN)

Comment di sini