Cara Tepat Menjaga Kesehatan Jantung

by
September 3rd, 2013 at 1:42 pm

CiriCara.com – Selain kanker, jantung juga merupakan salah satu penyakit yang populer di dunia dan menjadi momok menakutkan banyak orang karena menyebabkan kematian. Salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung adalah memiliki gaya hidup sehat.

tips kesehatan, kesehatan jantung, menjaga kesehatan jantung, tips menjaga kesehatan jantung, cara tepat menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung – Ist

Namun, pengaruh iklan di beberapa media bisa membuat seseorang jadi lupa atau lalai menjaga kesehatannya. Apakah Anda salah satunya?

Alangkah baiknya, Anda harus selalu menjaga kesehatan, terlebih kesehatan jantung. Jantung merupakan sekumpulan otot yang berukuran sebesar kepalan tangan yang mana memiliki fungsi memompa darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel yang membutuhkan energi serta mengangkut limbah-limbah sel tubuh.

Baca juga: Ciri-ciri Anda Mengalami Lemah Jantung

Bayangkan jika jantung tak menjalankan fungsinya? Tentunya akan berpengaruh pada organ tubuh lainnya. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menjaga keehatan jantung. Ada cara tepat yang bisa Anda lakukan agar jantung selalu sehat. Bagaimana?

Dilansir dari beberapa sumber kesehatan, berikut cara tepat menjaga kesehatan jantung:

1. Berolahraga

Berolahragalah secara teratur agar menjaga kesehatan jantung. Selainh itu, olahraga setiapm hari juga bisa membakar lemak lebih banyak yang ada dalam tubuh. Tak usah berlama-lama, 30 – 45 menit saja sudah cukup jika Anda melakukannya rutin. Olahraga yang bisa Anda lakukan, seperti jogging, jalan santai, bersepeda, dan olahraga lainnya.

2. Berjemur

Sinar matahari mengandung vitamin D yang bisa meminimalisasi pembentukan plak di pembuluh darah. Sebuah penelitian di Universitas California menunjukkan bahwa wanita dengan tingkat vitamin D memiliki risiko terkena penyakit jantung 31% lebih rendah. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk lebih sering berjemur sebelum pukul 10.00 pagi selama 20-30 menit.

3. Makan cokelat

Cokelat seringkali dihindari untuk dimakan karena menyebabkan kegemukan. Tapi, jangan salah karena cokelat juga memiliki banyak manfaat asalkan Anda jeli memilihnya. Pilihlah dark cokelat yang mengandung flavonoid dan magnesium yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, pilih juga cokelat yang memiliki kandungan asam stearat. Pastikan cokelat yang Anda konsumsi mengandung 70% cocoa untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan.

tips kesehatan, kesehatan jantung, menjaga kesehatan jantung, tips menjaga kesehatan jantung, cara tepat menjaga kesehatan jantung

Makanan baik untuk jantung – Ist

4. Mengonsumsi makanan laut

Makanan yang berasal dari laut bisa “melumasi” jantung karena mengandung asam lemak omega 3 yang bisa menurunkan risiko artimia jantung, kadar kolesterol jahat, tekanan darah tinggi, dan penggumpalan darah.

5. Mengonsumsi makanan berserat

Makanlah buah-buahan dan sayur-sayurann yang banyak mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh jantung. Beberapa jenis buah dan sayuran yang baik untuk jantung, seperti bayam, alpukat, dan kacang-kacangan. Selain itu, kurangi juga mengonsumsi makanan yang memliki kadar kolesterol sangat tinggi.

6. Berhenti merokok

Di dalam rokok mengandung lebih dari 600 zat kimia yang bisa merusak sel di dalam arteri. Hal tersebut bisa menimbulkan peradangan yang bisa menyebabkan meningkatnya kolesterol dalam jantung. Jika berhenti merokok selama setahun, maka risiko terkena penyakit jantung menurun 50%.

7. Menghindari stres

Stres dianggap sebagai faktor yang signifikan sebagai pemicu penyakit jantung. Selain itu, kesehatan mental dianggap sebagai aspek paling penting untuk menentukan kondisi jantung seseorang. Oleh karena itu, hindari stres. Cobalah untuk lebih bahagia menjalani hidup dan sering-seringlah tertawa atau menonton acara komedi di televisi.

Itulah cara tepat menjaga kesehatan jantung. Pada intinya untuk menjaga kesehatan jantung Anda harus menerapkan gaya hidup sehat.

Baca juga: 12 Jus Segar yang Bisa Cegah Penyakit Jantung

(NR)

Comment di sini