Demo Lagi, Buruh Tuntut Kenaikan UMP

by
September 3rd, 2013 at 8:53 am

Jakarta (CiriCara.com) – Hari ini 3 September 2013, ribuan buruh diperkirakan akan berunjuk rasa di kantor Gubernur DKI Jakarta untuk menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebanyak 50 persen dari upah terkini.

Demo Buruh 3 September 2013

Demo Buruh 3 September 2013

Dilansir dari Liputan6.com, menurut Said Iqbal selaku Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) jumlah massa tersebut mencapai 3.000 orang.

Para buruh yang akan mengikuti aksi unjuk rasa tersebut berasal dari berbagai kawasan industri seperti Kawasan Industri Pulogadung, Kawasan Berikat Nusantara (KBN), dan Kawasan Industri Sunter. Para buruh datang ke kantor Jokowi untuk menaikkan UMP.

Said mengatakan bahwa tuntutan para buruh adalah menaikkan UMP sebesar 50 persen atau Rp. 3,7 juta untuk wilayah Jakarta. Serta menolak dan mencabut Inpres tentang penetapan UMP. Mereka juga menuntut penjalanan jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat pada 1 Januari 2014 dengan jumlah penerima 156 juta orang.

Inpres tersebut menurut Iqbal sangat merugikan buruh. Para buruh sudah gelisah karena upah mereka hanya bisa naik maksimal 10 persen. Dipastikan aksi buruh yang digelar pada hari ini bisa melumpuhkan kawasan industri Pulogadung.

Said menambahkan bahwa kebanyakan gaji dan upah murah para buruh di Kawasan Industri Pulogadung disebabkan oleh tekanan dari Apindo kepada pemerintah melalui Kementerian terkait seperti Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (RN)

Comment di sini