Irjen Djoko Susilo Divonis 10 Tahun Penjara

by
September 3rd, 2013 at 4:56 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Terdakwa kasus korupsi simulator SIM, Irjen Djoko Susilo akhirnya divonis 10 tahun penjara dan denda sebesar Rp 500 juta. Hal itu disampaikan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Djoko Susilo, simulator sim

Irjen Djoko Susilo – Ist

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa selama 10 tahun dan pidana denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan,” kata Hakim Ketua Suhartoyo, seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (3/9/2013).

Djoko terbukti telah menerima uang sebesar Rp 32 miliar dari Direktur PT Citra Mandiri Metalindo Abadi, Budi Susanto. Uang tersebut terkait dengan pengadaan Simulator SIM Roda Dua dan Roda Empat.

Uang yang diterima Djoko Susilo itu dinilai sebagai uang memperkaya diri atau korupsi. “Unsur memperkaya diri sendiri orang lain atau korupsi telah terpenuhi dan ada dalam perbuatan terdakwa,” kata Hakim Anggota Ugo di sidang vonis kasus Djoko Susilo.

Djoko terbukti telah melakukan tindak pidana korupsi pengadaan Simulator SIM di Korlantas Polri Tahun Anggaran 2011. Sejumlah harta milik Djoko akan disita negara karena merupakan hasil korupsi.

Sidang vonis Djoko Susilo sendiri dilangsungkan di Pengadilan Tipikor, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Dalam sidang tersebut, Djoko tidak didampingi ketiga istrinya yang beberapa waktu lalu juga ikut diperiksa KPK.

(YG)

Comment di sini