Cara Backup File dan Kontak BBM

by

CiriCara.Com – Sebagian pengguna BlackBerry Messenger tidak mengetahui bagaimana cara melakukan backup kontak yang ada pada perangkat BlackBerry mereka. Padahal kontak BlackBerry Messenger teman, klien, orangtua, dan saudara itu penting sekali.

Untuk itu sebelum mengalami hilangnya kontak apabila terjadi error yang disebabkan rusaknya perangkat BlackBerry Anda, ada baiknya untuk diamankan dan disimpan terlebih dahulu.

Berikut cara standar yang direkomendasikan oleh BlackBerry:

1. Ambil perangkat BlackBerry Anda, buka aplikasi BlackBerry Messenger

2. Pilih “Option” lalu pilih menu “Back Up Management”.

3. Disini ada dua opsi jika ingin melakukan backup yaitu memilih menggunakan MicroSD atau melalui Email.

Cara membackup kontak Blackberry Messenger

Cara Backup Kontak BBM – Detik

Pilihlah yang menurut Anda paling aman, disarankan lebih baik memilih mem-backup melalui email karena jika menggunakan microSD bisa saja hilang atau rusak.

Selain cara di atas ada satu cara lagi yang bisa digunakan yaitu melalui aplikasi BlackBerry Desktop Manager yang diunduh melalui website resmi BlackBerry. Cara ini memerlukan perangkat komputer atau laptop sebagai penghubungnya karena jauh lebih banyak manfaatnya dari pada melalui menu standar yang terdapat dalam opsi aplikasi BlackBerry Messenger.

Karena selain bisa membackup kontak juga bisa membackup file penting yang lainnya seperti file musik, foto, video, dan data-data lainnya yang diperlukan jika terjadi error pada perangkat Anda. Selain dari itu juga bisa mentransfer aplikasi-aplikasi game yang telah diunduh melalui AppWorld BlackBerry.

Lihat gambar dibawah ini:

Cara Membackup Kontak Blackberry messenger

BlackBerry Desktop – Detik

Perlu diingat cara kedua ini selain membutuhkan perangkat komputer atau laptop juga memerlukan koneksi internet pada saat mengunduh aplikasi BlackBerry Desktop Manager tersebut. Selebihnya untuk mem-backup atau mentransfer tidak memerlukan koneksi internet, file atau kontak yang sudah dibackup tersebut dipindahkan ke komputer atau laptop Anda. Untuk lebih jelasnya lihat video berikut:

Koneksi internet di BlackBerry Desktop Manager diperlukan hanya untuk mengunduh file musik, video, aplikasi, atau game yang terdapat di AppWorld BlackBerry.

(WH)


comments powered by Disqus