11 Ribu Polisi dan TNI Kawal Demo Buruh di Jakarta

by
September 5th, 2013 at 3:02 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Sebanyak 30 ribu massa buruh dari berbagai elemen yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar aksi demo di Bundaran HI, Jakarta. Mereka menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2014 sebesar 50 persen.

demo buruh ump 2014, demo buruh 2013

Demo Buruh – Radaronline

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Komisaris Besar Muhammad Chairul Noor Alamsyah mengatakan bahwa pihaknya telah menyiagakan petugas gabungan Polisi dan TNI untuk mengawal demo buruh. Tujuannya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sebanyak 11 ribu personel aparat gabungan dari Polri dan TNI diturunkan untuk menjaga jalannya aksi unjuk rasa para buruh,” jelas Chairul, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (5/9/2013).

Petugas gabungan itu sudah disiagakan di beberapa tempat titik demo seperti, Bundaran HI, kawasan Monas, Istana Negara, Kementerian BUMN, dan Kemenakertrans. Sejumlah petugas juga ikut diturunkan untuk menjaga sejumlah jalan tol.

“Seperti di Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur, juga dijaga oleh anggota,” ujar Chairul.

Hingga berita ini diturunkan, puluhan ribu buruh itu masih terus bergerak menuju ke Kemenakertrans. Mereka menuntut agar UMP 2014 naik 50 persen dan Rp 3,7 juta khusus untuk UMP DKI Jakarta.

Selain itu, mereka juga menuntut penghapusan sistem kerja outsourcing di BUMN. Mereka juga menuntut agar semua karyawan outsorcing bisa segera diangkat menjadi karyawan tetap di perusahaan tersebut.

Para buruh se-Jabodetabek itu juga menuntut jaminan kesehatan dari pemerintah agar dipercepat. Mereka meminta agar pada Januari 2014, semua masyarakat Indonesia sudah bisa menikmati jaminan kesehatan itu.

(YG)

Comment di sini