Daftar Restoran yang Belum Bersertifikat Halal

by
September 5th, 2013 at 4:52 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Sejumlah restoran populer di Indonesia ternyata masih ada yang belum bersertifikat halal. Hal ini tentu membuat para konsumen muslim merasa bingung. Lalu apa tanggapan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI)?

mui, halal mui,

Majelis Ulama Indonesia (MUI) – Tempo.co

Direktur LPPOM MUI, Ir Lukmanul Hakim, M.Si mengungkapkan bahwa masih ada 8 restoran ternama yang masih belum bersertifikat halal, termasuk Solaria. Karenanya, Lukmanul pun mengaku masih belum bisa menjamin kehalalan makanan di restoran tersebut.

“Kami tidak menjamin kehalalannya,” kata Lukmanul dalam konferensi pers di Gedung MUI, Rabu (4/9/2013) kemarin.

Meski ada restoran yang mengaku menjual makanan yang halal, lanjut Lukmanul, hal itu belum bisa dijamin sepenuhnya. Menurut Lukmanul, kehalalan makanan itu harus diuji terlebih dahulu. Jika lolos, barulah MUI memberikan sertifikat halal.

“Kehalalannya itu harus dibuktikan dengan sertifikat halal,” tegas Lukmanul.

Untuk itu, Lukmanul pun mengimbau agar pihak restoran segera mengajukan aplikasi ke LPPOM MUI DKI Jakarta untuk melakukan uji kehalalan. Karena jika tidak, hal ini tentu akan membuat ragu para pelanggan muslim.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Dr. HM. Asrorun Ni’am Sholeh, MA, mengimbau agar umat muslim menghindari restoran yang belum bersertifikat halal karena masih belum jelas. “Kita bertanggungjawab menjauhinya hingga ada kejelasan (halal atau haram),” ujarnya.

Berikut daftar 8 restoran yang belum bersertifikat halal:
1. Solaria (kabarnya masih menunggu hasil audit LPPOM MUI)
2. J.Co Donuts & Coffee
3. Breadtalk
4. Rotiboy
5. Papa Ron’s Pizza
6. Baskin-Robbins
7. The Coffee Bean & Tea Leaf
8. Starbucks

(YG)

Comment di sini