Miss World 2013 Ditolak 11 Ormas Islam

by
September 5th, 2013 at 11:55 am

Jakarta (CiriCara.com)Miss World 2013 akan diadakan di Nusa Dua, Bali pada tanggal 28 September 2013 nanti. Hingga sekarang penyelenggaraan kontes kecantikan internasional ini masih menuai pro dan kontra.

Miss World 2013

Ilustrasi Miss World 2013 / Ist.

Dilansir dari Inilah.com, hingga kini 11 organisasi kemasyarakatan Islam yang tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) menolak kontes yang akan diadakan di Nusa Dua karena dianggap tidak sesuai dengan moral dan budaya bangsa.

Penolakan ini disampaikan oleh Ketua Umum LPOI, KH Said Aqil Siroj. Menurut LPOI, acara yang berskala internasional harus dilihat dari sisi manfaat serta mudharatnya.

Sedangkan acara Miss World 2013 dianggap memiliki sisi mudharat yang lebih besar dibandingkan dengan manfaatnya. Ketua Umum PBNU tersebut menilai bahwa kontes kecantikan Miss World 2013 ini hanya sekedar acara foya-foya yang menghamburkan uang tanpa memberi sisi positif bagi rakyat dan bangsa Indonesia.

Acara Miss World 2013 dianggap tidak akan membantu nama Indonesia untuk lebih terkenal di mata internasional karena tanpa acara Miss World pun Indonesia sudah dikenal di seluruh dunia.

Walaupun menolak acara tersebut, namun LPOI tidak akan melakukan aksi apapun agar Miss World 2013 dibatalkan. LPOI sangat menentang segala upaya kekerasan untuk menolak acara itu.

LPOI juga mengatakan bahwa organisasi tersebut tidak berwenang untuk membatalkan Miss World 2013. Pihaknya menyerahkan kewenangan sepenuhnya kepada pihak yang berwajib.

LPOI sendiri beranggotakan NU, Persatuan Islam, Al Irsyad Al Islamiyah, Mathlaul Anwar, Ittihadiyah, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia, Ikatan Da`i Indonesia, Azzikra, Syarikat Islam Indonesia, Al Wasliyah, dan Persatuan Tarbiyah Islamiyah.

Meski mendapat penolakan, panitia Miss World 2013 menegaskan pihaknya tidak akan membatalkan kontes ini karena sudah mendapat persetujuan dari Pemerintah Daerah dan Polri.

Dalam kontes kecantikan internasional ini, panitia menegaskan bahwa tidak akan ada sesi bikini dalam kontes tersebut bahkan para peserta akan menampilkan produk-produk dari Indonesia. (RN)

Comment di sini