Tolak Miss World 2013, FPI Tak Pakai Aksi Pemaksaan

by
September 5th, 2013 at 2:10 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kontes Miss World 2013 yang akan diadakan pada tanggal 28 September 2013 nanti mengundang sejumlah pertentangan dari organisasi masyarakat (ormas) termasuk Front Pembela Islam (FPI).

Miss World 2013 di Nusa Dua, Bali

Miss World / Ist.

Miss World 2013 yang akan digelar di Nusa Dua, Bali tersebut ditentang lantaran diyakini akan memaksa para kontestannya untuk mengumbar aurat mereka.

Meski menolak kontes kecantikan berskala internasional itu namun Front Pembela Islam mengatakan bahwa pihaknya tidak akan melakukan aksi pemaksaan dalam menolak acara tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh Juru Bicara FPI, Muchsin Alatas. Ia mengatakan bahwa lembaganya tidak akan melakukan aksi pemaksaan untuk menolak acara tersebut.

“Nanti kalau kami paksa bubar malah disalahkan,” kata Muchsin kepada sumber berita, Tempo.co, Rabu, 4 September 2013.

Tetapi, FPI dan FUI (Forum Umat Islam) terus mendesak dan melakukan aksi unjuk rasa untuk menolak kontes kecantikan internasional tersebut. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah melakukan berbagai upaya konsolidasi termasuk lobi ke anggota dewan dan Gubernur Bali.

Muchsin menegaskan bahwa acara yang digelar kali ini memang tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia secara keseluruhan. Bahkan dengan penyelenggaraan Miss World 2013, uang negara justru diboroskan untuk hal-hal yang tidak penting.

Selain FPI, Miss World 2013 juga ditolak oleh 11 ormas Islam yang tergabung dalam LPOI. Kesebelas ormas ini mengatakan bahwa pihaknya tetap menolak Miss World 2013 namun tidak bisa membatalkannya lantaran kontes kecantikan itu sudah disetujui oleh pemerintah daerah dan Polri. (RN)

Comment di sini