Tuntut Kenaikan UMP 2014, 30 Ribu Buruh Serbu Bundaran HI

by
September 5th, 2013 at 1:09 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Puluhan ribu buruh yang tergabung dalam Konfiderasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan aksi demo di Bundaran HI, Jakarta. Mereka menuntut agar upah minimum provinsi (UMP) tahun 2014 naik 50 persen.

demo buruh, demo buruh 2013,

Demo Buruh – Ist

Menurut Staff Media KSPI, Nelly, sebanyak 30 ribu massa siap melakukan aksi demo. Mereka akan berkumpul di Bundaran HI, Jakarta lalu kemudian akan bergerak menuju Istana Negara. Mereka akan menuntut kenaikan upah di tahun 2014.

“Naikkan upah minimum UMP 50 persen dan khusus DKI Rp 3,7 juta. Tolak Inpres upah,” papar Nelly, seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (5/9/2013).

Para buruh itu akan melanjutkan aksinya ke Meneg BUMN. Mereka menuntut penghapusan sistem kerja outsourcing. Apabila hal itu tidak dipenuhi, mereka akan menuntut agar direksi-direksi BUMN mundur.

“Hapus outsourcing BUMN dan angkat semua pekerja outsourcing BUMN menjadi karyawan tetap,” kata Nelly.

Setelah itu, massa buruh akan bergerak menuju Kemenkes di Kuningan dan PT Jamsostek di Gatot Subroto. Mereka menuntut agar jaminan kesehatan (Jamkes) seluruh rakyat Indonesia mulai berlaku sejak tanggal 1 Januari 2014.

“Terkait Jamkes, bilamana pada 1 Januari 2014 masih ada rakyat Indonesia yang tidak bisa dilayani berobat di rumah sakit, maka KSPI akan mengepung dan mendemo rumah sakit tersebut,” tegas Nelly.

Rombongan massa buruh itu akan bergerak lagi hingga akhirnya berkumpul di Kemenakertrans Jalan Gatot Subroto. Saat ini, sejumlah massa buruh sudah mulai terlihat memadati jalan di sekitar Bundaran HI. Akibatnya, arus lalu lintas menjadi macet.

(YG)

Comment di sini