Geser Soeharto, Ismail Marzuki Diusulkan Jadi Nama Jalan

by
September 6th, 2013 at 10:03 am

Jakarta (CiriCara.Com) - Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) bersama Panitia 17 mengusulkan Pahlawan Nasional sekaligus komponis, Ismail Marzuki, untuk dijadikan nama jalan sebagai pengganti Jalan Medan Merdeka Barat.

Usulan yang akan ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ini sekaligus menggeser ide penggunaan nama Soeharto untuk jalan tersebut.

Nama Ismail Marzuki Diusung, Soeharto Dicoret

Ismail Marzuki – Kompas

Lahir di Jakarta sebagai putra asli daerah, Komponis Ismail Marzuki telah menciptakan karya sekitar 240 lagu Indonesia yang diantaranya menjadi lagu wajib Nasional.

Beberapa lagu yang diciptakan dan cukup dikenal masyarakat Indonesia sampai sekarang seperti Sepasang Mata Bola, Indonesia Pusaka, Sampul Surat, dan Juwita Malam.

Pada hari Pahlawan 10 November 2004 atas jasa dan karya-karyanya Ismail Marzuki mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

Ismail Marzuki pernah mengabdikan diri di Jalan Medan Merdeka Barat selama sembilan tahun lebih lama dari Soeharto yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan. Atas dasar itu pula lah Lembaga Kebudayaan Betawi bersama Panitia 17 mengusulkan nama beliau sebagai pengganti nama Soeharto yang sebelumnya diusungkan.

Ismail Marzuki lahir sebagai putra daerah Jakarta 11 Mei 1914 dan wafat pada 25 Mei 1958 di usia 44 tahun di Kampung Bali, Tanah Abang dan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. Jauh sebelum diusulkan sebagai nama Jalan Ibu Kota, nama Ismail Marzuki juga sudah diabadikan sebagai nama Gedung Pusat Kesenian “Taman Ismail Marzuki” pada tahun 1968 sebagai anugerah penghormatan.

(WH)

Comment di sini