Komnas Perempuan Dukung Miss World 2013

by
September 6th, 2013 at 11:16 am

Denpasar (CiriCara.com) – Kontes Miss World 2013 yang akan diselenggaraka di Bali pada tanggal 28 September 2013 nanti mendapat reaksi pro dan kontra.

Miss World 2013 digelar di Nusa Dua, Bali, 28 September 2013

Miss World / Mirror

Beberapa organisasi masyarakat (ormas) Islam mengaku telah menolak kontes kecantikan berskala internasional ini dengan alasan karena dinilai akan merendahkan martabat wanita dan budaya ketimuran.

Terhitung belasan ormas Islam menolak rencana kontes kecantikan yang akan digelar di Nusa Dua, Bali tersebut. Menanggapi hal ini, pihak panitia tidak merasa khawatir dan tetap menjamin kelangsungan Miss World 2013.

Menurut panitia, Miss World 2013 sudah mendapat izin dari Pemerintah Daerah dan Polri sehingga acara ini dipastikan akan berlangsung aman.

Selain dari Pemda Bali dan Polri, Komnas Perempuan turut mendukung Miss World 2013. Menurut Komnas Perempuan, ajang tersebut bisa menjadi sarana untuk mengkespresikan diri bagi perempuan dan peserta dari berbagai negara.

“Cantik itu tidak dosa. Mereka yang cantik secara fisik, tidak bersalah atas kecantikan mereka. Ajang kecantikan seperti Miss World adalah salah satu ruang bagi perempuan untuk bisa bersuara. Suara ini penting bagi negeri seperti Indonesia,” ujar Komisioner Komnas Perempuan Andy Yentriyani, Kamis 5 September 2013 kepada sumber berita, Merdeka.com.

Menurut Andy, dalam ajang Miss World 2013 itu para perempuan secara tidak langsung bisa berjuang menyuarakan fenomena yang terjadi di masyarakat seperti kemiskina, pendidikan, dan juga korupsi. Dengan suara mereka, diharapkan akan terjadi perubahan.

Tanpa suara perempuan, maka perubahan sosial sulit terjadi karena tokoh dunia mempengaruhi kepedulian warga dunia terhadap isu-isu yang sedang berkembang di tengah masyarakat.

Meski ditolak oleh sebagian pihak, para peserta Miss World 2013 dari seluruh dunia sudah mulai berdatangan di Bali. Untuk Indonesia, kontes ini akan diwakili oleh Vania Larissa, pemenang Miss Indonesia 2013. (RN)

Comment di sini