6 Top Kuliner Khas Surabaya

by
September 9th, 2013 at 3:16 pm

CiriCara.com - Seperti kota-kota lainnya, Surabaya pun juga memiliki jenis-jenis makanan yang khas dan patut untuk dicoba. Buat kamu-kamu yang hobi berwisata kuliner dan berencana mengunjungi kota Surabaya, jangan lewatkan ulasan tentang kuliner khas Surabaya ini.

kuliner surabaya, rujak cingur, kuliner khas surabaya, daftar kuliner surabaya

Rujak cingur – Jakarta Post

Simak ya makanan khas “Suroboyoan” berikut ini :

1. Lontong Balap

Makanan ini terdiri atas irisan lontong, tahu, lento (terbuat dari kacang kedelai), dan kuah dengan sayuran taoge. Taburan bawang goreng, kecap manis dan sambal merupakan penyedap yang membuat makanan ini banyak digemari. Menu pelengkap bagi hidangan lontong balap ini adalah sate kerang dan es degan. Kalian dapat menemukan hidangan ini di Jl. Kranggan.

2. Rujak Cingur

Racikan cabe, garam dan petis udang yang diuleg (dihaluskan menggunakan alat yang disebut cobek dan menggunakan tangan) menjadi bumbu  lezat akan dicampur dengan beberapa jenis sayuran (kangkung, mentimun, taoge) dan beberapa jenis buah (biasanya nanas dan mangga muda). Selain sayur dan buah, hidangan ini juga dilengkapi dengan irisan tahu, tempe dan yang khas adalah irisan cingur masak (bagian dari moncong sapi). Rujak Cingur yang terkenal di Surabaya adalah Rujak Cingur Ahmad Jais.

3. Semanggi

Terbuat dari daun semanggi yang direbus dan diberi bumbu kacang. Hidangan ini sangat sederhana namun lezat dinikmati dengan krupuk beras sebagai pelengkapnya. Untuk mencicipi hidangan ini agak sulit, karena biasanya dijajakan oleh penjual keliling dan saat ini penjual semanggi sudah sangat jarang ditemui.

4. Tahu Tek-Tek

Terbuat dari irisan tahu yang digoreng setengah matang dan untuk mengirisnya tidak menggunakan pisau tapi menggunakan gunting sehingga menimbulkan suara tek-tek. Itulah sebabnya makanan ini disebut dengan tahu tek-tek. Dilengkapi dengan irisan lontong, taburan taoge kecil-kecil, krupuk dan disiram dengan bumbu petis. Untuk menambah kelezatan, kalian bisa request untuk ditambahkan dengan telur dadar.

5. Gado-gado

Racikan beberapa sayuran seperti kentang dan taoge (yang telah direbus sebelumnya), selada serta tomat yang dipotong-potong dalam kondisi segar (tidak dimasak). Irisan lontong, tahu, tempe, telur rebus dan kerupuk menjadi pelengkap hidangan yang disajikan dengan siraman bumbu kacang yang lezat ditambah dengan sedikit kecap manis dan sambal. Gado-gado yang terkenal di Surabaya adalah Gado-Gado Arjuna.

6. Nasi Pecel

Hidangan yang satu ini juga khas dari Surabaya. Rebusan kacang panjang, taoge, dan kangkung yang disiram dengan bumbu kacang yang rasanya agak pedas. Hidangan ini dinikmati dengan nasi dan rempeyek sebagai pelengkapnya. Dapat ditambahkan menu lain seperti bali telur atau ayam goreng. Kalau kalian mengunjungi depot pecel Boeyatin yang berada di sekitar Jl. Kalimas Surabaya, kalian dapat memilih berbagai macam lauk pauk untuk melengkapi nasi pecel yang dihidangkan.

Gimana? penasaran kan buat nyobain menu kuliner khas Kota Pahlawan? Jangan sampai lupa ya kalau kalian sedang mampir di Surabaya, wajib deh mencicipi menu-menu di atas. Dijamin kalian pasti bakal puas.

Ditulis oleh : Bunda SatriaSakti

Comment di sini