8 Fakta Menarik Tentang Beruang Kutub

by
September 9th, 2013 at 8:33 am

CiriCara.com - Apa yang Anda pikirkan ketika Anda melihat boneka beruang kutub yang berukuran besar dan memiliki bulu halus di sebuah toko mainan di mall?

beruang kutub, fakta tentang beruang kutub, keunikan beruang kutub

Beruang kutub dan anaknya – Jhocy

Anda pasti ingin memeluknya karena Anda berpikir bahwa memeluk boneka beruang kutub tersebut akan memberikan Anda kehangatan. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang Beruang Kutub yang menarik untuk diketahui :

1. Berat 10 orang dewasa = berat 1 ekor beruang kutub jantan dewasa. Seekor beruang kutub jantan dewasa dapat mencapai berat sekitar 800 kg dan tinggi mencapai 2.5 meter. Sedangkan beruang kutub betina beratnya separuh berat beruang kutub jantan, yaitu sekitar 200-300 kg. Sangat besar bukan?

2. Lapisan lemak setebal 10 cm. Beruang kutub memiliki lapisan lemak setebal 10 cm di bawah kulitnya. Hal inilah yang membuat beruang kutub mampu bertahan hidup pada suhu ekstrem kutub utara (Benua Artik).

3. Perenang yang handal. Meskipun tidak memiliki sirip seperti ikan, beruang kutub mampu berenang sejauh 60 mil tanpa berhenti. Bulu dan badan beruang kutub tidak akan basah meskipun dipakai berenang. Hal ini disebabkan karena beruang kutub memiliki banyak kelenjar minyak di semua bagian kulitnya. Beruang kutub menggunakan tungkai depannya untuk berenang dan tungkai belakangnya berperan sebagai kemudi. Lubang hidung akan menutup sedangkan mata akan tetap terbuka saat berenang di dalam air.

Baca juga: Kena Setrum, Beruang Jatuh dari Pohon (Video)

4. Indera penciuman beruang kutub sangat tajam. Beruang kutub mampu mencium adanya anjing laut yang bersembunyi di bawah lapisan salju setebal 1.5 meter. ataupun bangkai ikan paus yang letaknya sejauh 20 mil dari tempat beruang kutub berada.

5Konsumsi lemak 2 kg per hari. Beruang kutub membutuhkan konsumsi lemak sekitar 2 kg per hari agar tetap dapat bertahan hidup pada suhu dingin yang ekstrem.  Makanan utama beruang kutub adalah anjing laut. Anjing laut seberat 55 kg cukup menjadi cadangan makanan bagi beruang kutub selama 8 hari.

6. Bayi beruang kutub hanya sebesar tikus. Pada saat lahir, bayi beruang kutub berukuran sangat kecil, tidak memiliki bulu, buta dan lemah. Satu-satunya asupan makanan mereka adalah air susu induknya yang mengandung sangat tinggi lemak.Pengabdian induk beruang kutub sangatlah luar biasa karena akan selalu menjaga dan melindungi anak-anaknya hingga 28 bulan anak-anak beruang kutub tinggal di sarang.

7. Bulu beruang kutub rontok pada musim panas. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan suhu tubuh. Suatu mekanisme adaptasi yang serupa dengan pohon jati yang meranggas (menggugurkan daunnya) pada musim kemarau.

8. Menutup hidung saat berburu. Beruang kutub merupakan hewan yang sabar saat berburu. Mereka akan menunggu anjing laut yang sedang berenang naik ke daratan sambil menutup hidungnya dengan kedua kakinya. Hal ini dilakukan sebagai penyamaran atau kamuflase, karena satu-satunya bagian tubuh beruang kutub yang berwarna hitam adalah hidungnya. Sangat cerdik bukan ?

Sumber :

1.http://id.wikipedia.org/wiki/Beruang_kutub

Comment di sini