Diam-diam SBY Bentuk Tim Pindah Ibu Kota

by
September 9th, 2013 at 10:18 am

Jakarta (CiriCara.com) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku selama ini dirinya sudah memikirkan wacana pindah Ibu Kota dari Jakarta. Namun, SBY lebih memilih diam karena khawatir rencana itu akan menimbulkan kontroversi.

sby, sby demokrat

Presiden SBY – Tribunnews.com

“Empat hingga lima tahun lalu diam-diam saya memikirkan sudah saatnya Indonesia membangun pusat pemerintahan yang baru di luar Jakarta,” kata SBY, seperti dikutip dari Antara, Senin (9/9/2013).

SBY menyampaikan hal itu saat melakukan kunjungan kerja di St. Petersburg, Rusia, Sabtu (7/9/2013). SBY juga mengungkapkan bahwa dirinya telah membentuk sebuah tim untuk mempelajari kemungkinan pindah Ibu Kota dari Jakarta.

“Membentuk tim kecil untuk pikirkan pemindahan ibu kota,” tutur SBY yang juga merupakan Ketua Umum Partai Demokrat itu.

Meskipun pindah ibu kota, Jakarta akan tetap menjadi pusat ekonomi dan perdagangan. Menurut SBY, ibu kota yang baru hanya akan menjadi pusat pemerintahan. “Biar pusat ekonomi perdagangan di Jakarta dan goverment centre di tempat lain,” lanjut SBY.

Pemikiran pindah ibu kota itu terinspirasi dari kesuksesan sejumlah negara dalam memindah ibu kotanya. Seperti, Malaysia, Australia, Turki, dan Kazakhstan, mereka berhasil memperbaiki tata kota dengan memindah ibu kotanya.

Diharapkan, Indonesia juga bisa memperbaiki tata kota Jakarta yang saat ini terkenal dengan kemacetannya. Namun, karena jabatan Presiden SBY akan segera habis pada Pemilu 2014, SBY pun meminta presiden yang baru nanti untuk melanjutkan pemikiran pindah ibu kota itu.

Wacana pindah ibu kota itu sendiri sudah muncul sejak lama. Seperti pada zaman Hindia Belanda, Presiden Soekarno, dan juga pada masa Presiden Soeharto. Namun, hingga saat ini hal tersebut masih menjadi rencana yang belum pasti.

(YG)

Comment di sini