Pencalonan Fauzi Bowo Jadi Dubes Jerman Ditolak

by
September 9th, 2013 at 9:22 am

Jakarta (CiriCara.com) – Nama mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo masuk dalam daftar calon duta besar (Dubes) RI untuk negara sahabat. Pria yang akrab disapa Foke itu diusulkan menjadi Dubes RI untuk Jerman.

foke, fauzi bowo

Fauzi Bowo – Ist

Meskipun demikian, kelompok Aliansi Peduli KBRI Jerman di Berlin menolak pencalonan Foke tersebut. Mereka menilai, Foke tidak pantas menjabat sebagai Dubes RI untuk Jerman karena berbagai pertimbangan.

Foke dianggap tidak bisa bersikap adil karena pernah terlibat kampanye bermuatan SARA di Pemilihan Gubernur DKI 2012, silam. “Kami menganggap tidak pantas memilih tokoh yang tidak menjunjung nilai-nilai multikultural dan pluralisme,” demikian pernyataan kelompok tersebut.

Selain itu, Foke yang pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta juga dinilai telah gagal dalam menciptakan hubungan diplomasi Jakarta dengan Berlin. Meski lulusan universitas Jerman, Foke ternyata tetap tidak mampu memperbaiki kondisi Jakarta.

Menurut Aliansi Masyarakat Peduli KBRI Jerman, Foke sudah tidak dipercaya lagi oleh masyarakat Jakarta yang pernah dipimpinnya. “Ironis kalau Pemerintah Indonesia justru memberikan jabatan yang lebih tinggi.”

Foke juga dianggap tidak mampu dalam menjaga keamanan di Jakarta. Pasalnya, banyak preman dan ormas anarkis yang muncul pada masa kepemimpinannya. “Selama kepemimpinan Fauzi Bowo, fenomena intoleransi dan premanisme semakin berkembang.”

Aliansi Masyarakat Peduli KBRI Jerman juga menjelaskan bahwa Foke sering mengeluarkan pernyataan yang kontroversial. Tak sedikit pihak yang mengaku dirugikan oleh pernyataan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Pernyataan kontroversial yang mencederai rasa keadilan orang banyak,” demikian kutipan dari enam pertimbangan menolak Foke jadi Dubes RI untuk Jerman.

(YG)

Comment di sini