Waspada Calo CPNS! Ratusan Orang Sudah Jadi Korban

by
September 9th, 2013 at 11:19 am

Sukabumi (CiriCara.com) – Pada tahun 2013 ini pemerintah kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Selain dimanfaatkan para pencari kerja, musim penerimaan CPNS 2013 ini juga dimanfaatkan para calo CPNS untuk menipu. Anda harus waspada!

CPNS, seleksi cpns, seleksi pns

CPNS 2013 – Tempo.co

Seperti yang diadukan sejumlah orang yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Kabupaten Sukabumi, sudah ada 125 orang yang menjadi korban calo CPNS. Mereka kebanyakan merupakan tenaga honorer.

Menurut koordinator pengaduan Masyarakat Peduli Kabupaten Sukabumi, Sulaeman, penipuan CPNS itu diduga dilakukan oleh dua orang PNS di salah satu SD dan satu orang eks PNS di Sukabumi. Sudah ada ratusan guru honorer yang mengaku menjadi korban.

“Ada sebagian oknum PNS yang memanfaatkan momen ini untuk meraup rupiah dengan menjanjikan kepada korban bahwa mereka bisa meloloskannya menjadi seorang PNS,” kata Sulaeman, seperti dikutip dari JPNN.com, Senin (9/9/2013).

Sulaeman menjelaskan bahwa para calo CPNS itu menipu korban dengan mengaku-ngaku sebagai pejabat Badan Kepegawaian Negara (BKN). Mereka membuat sebuah surat edaran dengan memalsukan stempel dan juga logo BKN untuk mengelabui korban.

“Semua bukti kami kantongi,” tegas Sulaeman.

Menurut Sulaeman, para calo CPNS itu sering meminta uang dengan jumlah tertentu kepada para korban sebagai syarat pelolosan PNS. “Setiap pertemuan, para korban diwajibkan membawa uang sebesar Rp 1 juta per orang,” tuturnya.

Saat ini, pengaduan kasus penipuan calo CPNS tersebut sudah diterima pihak Intel Kejari Cibadak. “Kita akan dalami dulu isi berkas pengaduan ini,” kata Budi Haryanto, Kasi Intel Kejari Cibadak.

Sebelumnya, pihak BKN dan Kemenpan-RB sudah memberikan imbauan agar tidak mudah percaya dengan calo CPNS. Bahkan, Menpan-RB Azwar Abubakar sudah menyiapkan total hadiah Rp 1 miliar bagi yang berhasil menangkap calo CPNS.

(YG)

Comment di sini