5 Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan

by
September 10th, 2013 at 1:37 pm

CiriCara.com – Apakah Anda termasuk orang yang sering bergadang untuk menyelesaikan pekerjaan atau menonton bola hingga larut malam? Jika iya, maka berhati-hatilah karena bisa berakibat buruk pada kesehatan Anda.

dampak buruk kurang tidur, bahaya kurang tidur, tips kesehatan, 5 dampak buruk kurang tidur, kurang tidur bagi kesehatan

Ilustrasi kurang tidur – Ist

Pada saat seseorang yang sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas lainnya, waktu tidurnya bisa terpangkas. Anda bisa saja tidur jadi 5 jam dalam sehari atau bahkan hanya 1 jam saja. Padahal, seseorang sangat disarankan untuk tidur yang cukup yaitu 7 atau 8 jam setiap harinya.

Jika tidak tidur yang cukup setiap harinya, maka bisa menimbulkan beberapa penyakit. Selain itu, kekurangan tidur juga bisa membuat Anda lemas dan tak semangat menjalani aktivitas berikutnya. Pernahkah Anda mengalami hal tesrebut?

Selain itu, ada beberapa dampak buruk lainnya yang bisa Anda alami jika kekurangan tidur dalam sehari. Dampak apa? Dilansir dari beberapa sumber kesehatan, berikut 5 dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan:

1. Mengalami obesitas

Kekurangan tidur bisa menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Hal tesebut dikarenakan terjaga pada malam hari membuat Anda merasa lapar sehingga ingin makan terus menerus. Jika sudah kenyang, maka kamu akan mengantuk lalu tidur. Hal itulah yang bisa membuat Anda jadi bisa mengalami obesitas.

2. Hilang ingatan

Saat waktu tidur Anda berkurang, tubuh akan menjadi sangat lelah. Akibatnya, Anda menjadi mudah lupa. Jika Anda sering kurang tidur, maka bisa saja ingatan itu bisa hilang untuk selamanya. Apakah Anda mau jadi melupakan segala kehidupan yang sudah dijalani?

dampak buruk kurang tidur, bahaya kurang tidur, tips kesehatan, 5 dampak buruk kurang tidur, kurang tidur bagi kesehatan

Dampak kurang tidur – Ist

3. Terkena kanker

Salah satu penyakit yang membahayakan jika Anda kurang tidur adalah kanker. Seseorang yang kurang tidur setiap harinya bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Ketahuilah bahwa kanker merupakan salah satu penyakit yang ditakuti sebagian besar orang karena menimbulkan kematian.

Baca juga: Cara Sehat Melawan Penyakit Kanker

4. Stroke

Walaupun dalam keluarga tak ada yang memiliki riwayat sakit stroke, namun Anda bisa mengalaminya jika tak cukup tidur dalam satu hari. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa seseorang yang kurang tidur bisa mengalami stroke.

Baca juga: Ciri-ciri Terkena Serangan Stroke

5. Diabetes

Selain beberapa gangguan kesehatan di atas, ternyata diabetes juga bisa dialami seseorang jika kekurangan tidur. Penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa seseorang yang kiurang tidur memiliki resistansi insulin yang tinggi. Artinya, tubuh tak mampu menggunakan hormon insulin dengan efektif. Dengan begitu, kurang tidur bisa meningkatkan risiko terkena diabetes.

Itulah 5 dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan. Jadi, selelah atau sebanyak apapun pekerjaan Anda sebaiknya cukupi waktu tidur dalam sehari. Anda harus mengistirahatkan tubuh selama 7-8 jam pada malam hari. Dengan begitu, tubuh akan sehat dan terus bersemangat setiap hari.

Baca juga: Posisi Tidur Ini Bikin Wajah Anda Berjerawat

(NR)

Comment di sini