5 Senjata Kantong Semar Untuk Menjebak Mangsa

by
September 10th, 2013 at 1:46 pm

CiriCara.com - Kalian pasti pernah mendengar nama tumbuhan “Kantong Semar”, tanaman genus Nephentes ini merupakan salah satu anggota tanaman karnivora yang paling terkenal. Memiliki bagian tubuh seperti kantong atau periuk memungkinkan tanaman ini untuk menjebak mangsanya yang berupa serangga, burung kecil, mamalia seperti tikus kecil dan kelelawar.

tanaman karnivora, kantong semar, kantung semar, senjata kantong semar

Kantong semar – Ist

Habitat tanaman ini di Indonesia adalah di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Tanaman ini tumbuh di daerah yang miskin unsur hara, oleh karena itu tanaman ini memperoleh nutrisi yang dibutuhkan dari hewan yang berhasil masuk perangkap.

Sebenarnya Tuhan telah memberi perlengkapan apa saja sih untuk si kantong semar sehingga bisa menjebak dan mencerna mangsanya. Simak yuk ulasan berikut ini mengenai senjata-senjata yang telah diberikan Tuhan untuk si kantong semar;

1. Warna kantong cerah dan bermotif indah

Kantong semar memiliki corak motif yang bervariasi dengan warna-warna cerah yang akan menarik mangsa, misal serangga untuk mendekat. Suatu penelitian di India oleh Dr. Sabulal Baby menunjukkan bahwa bibir kantong semar memancarkan warna biru menyala ketika diuji menggunakan sinar UV.

Pancaran warna biru menyala ini dapat terlihat oleh sebagian besar serangga, namun tak dapat dilihat oleh manusia. Pancaran warna biru menyala inilah yang digunakan oleh kantong semar sebagai senjata yang menarik mangsa, khususnya pada malam hari.

tanaman karnivora, kantong semar, kantung semar, senjata kantong semar

Kantong semar – Ist

2. Kelenjar nectar

Kantong semar memiliki kelenjar nectar yang terletak pada bagian dinding luar kantong, bagian bawah tutup kantong dan bagian dalam bibir kantong. Kelenjar nectar ini akan menghasilkan cairan yang rasanya manis dan digunakan sebagai senjata untuk menarik mangsa agar lebih dekat.

3. Bibir kantong yang licin

Bibir kantong semar memiliki permukaan yang strukturnya beralur sempit. Alur-alur sempit ini akan dibasahi oleh cairan nectar maupun air. Itulah sebabnya jika ada mangsa yang hinggap atau menempel di atas permukaan bibir kantong, mangsa tersebut akan tergelincir masuk ke dalam kantong.

Baca juga: 7 Tanaman yang Ampuh Mengusir Nyamuk

4. Lapisan lilin

Kantong semar memiliki lapisan lilin yang melapisi bagian dalam kantong. Lapisan lilin ini bermanfaat untuk mencegah agar mangsa yang sudah masuk ke dalam kantong tidak dapat memanjat naik untuk keluar kantong. Lapisan lilin ini akan menempel pada kaki mangsa sehingga daya cengkeramnya berkurang dan akan sulit untuk memanjat. Lapisan lilin ini juga dapat terkelupas jika mangsa berusaha untuk memanjatnya, akibatnya mangsa akan kembali jatuh ke dasar kantong.

5. Viskoelastisitas cairan yang tinggi

Cairan yang terdapat di dasar kantong semar memiliki viskositas (kekentalan) dan elastisitas yang sangat tinggi. Meskipun cairan ini sudah mengalami pengenceran, misalnya terkena air hujan, viskoelastisitasnya masih cukup efektif untuk menahan mangsa tetap berada di dalam kantong. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa cairan ini mengandung senyawa yang dapat membius mangsa yang ada di dalamnya.

Luar biasa bukan ciptaan Tuhan yang satu ini. Keunikan dan kecantikan yang dimilki oleh kantong semar menjadikan tanaman ini banyak dipelihara sebaga tanaman hias. Bagaimana dengan kamu, tertarik memelihara tanaman yang satu ini ?

Sumber :

1. http://upload..wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f1/Nepenthes_edwardsiana_entire_ASR_052007_tambu.jpg/200px-Nepenthes_edwardsiana_entire_ASR_052007_tambu.jpg

2. http://pitcherofparadise..blogspot.com/2013/02/cara-kantung-semar-menjebak-mangsa.html

3. http://www..ksdasulsel.org/fauna/137-kantong-semar

Ditulis oleh : Bunda SatriaSakti

Comment di sini