6 Kebiasaan yang Bikin Rambut Rusak

by
September 10th, 2013 at 4:45 pm

CiriCara.com – Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita. Oleh karena itu, banyak wanita yang rajin merawat rambutnya agar terlihat lebih indah dan sehat.

tips kecantikan, kesehatan rambut, penyebab rambut rusak, rambut rusak, kebiasaan yang bikin rambut rusak

Kebiasaan yang bikin rambut rusak – Ist

Akan tetapi, rambut yang indah dan sehat tak dimiliki oleh semua wanita. Beberapa dari mereka masih ada yang mengeluh tentang rambutnya. Entah itu, rontok, berketombe, bercabang, dan permasalahn rambut lainnya. Lalu, apa sebenarnya penyebab permasalahan rambut itu?

Ketahuilah bahwa permasalahan rambut bisa saja Anda alami jika tak merawatnya dengan tepat. Rambut harus dijaga kesehatannya dengan cara yang tepat. Anda disarankan untuk mengeramasi rambut dengan benar, memakai kondisioner, memakai vitamin rambut, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Tepat Merawat Kesehatan Rambut

Jika tidak merawatnya dengan tepat, maka rambut bisa saja mengalami kerusakan. Selain tidak tepat dalam perawatannya, ada hal-hal lain yang bisa bikin rambut Anda rusak. Hal hal atau kebiasaan ini mungkin tak Anda sadari. Tapi, ketahuilah bahwa kebiasaan ini bisa memicu permasalahan pada rambut.

Berikut 6 kebiasaan yang bikin rambut rusak:

1. Terlalu sering menyisir rambut

Agar rambut tak terlihat kusut, Anda memang disarankan untuk meyisirnya. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering menyisir rambut karena bisa membuatnya rusak. Selain itu, jangan menyisir rambut pada pagi hari. Alasannya adalah karena pada pagi hari rambut akan mengeluarkan minyak. Jika disisir, maka minyaknya akan hilang dan rambut Anda akan terlihat kering dan kusam.

2. Mengikat rambut setiap hari

Mengikat rambut merupakan salah satu kebiasaan yang sering dilakukan banyak wanita, terlebih bagi yang memiliki rambut panjang. Mengikat rambut boleh saja, tapi sebaiknya tidak Anda lakukan setiap hari karena bisa membuat rambut menjadi rusak, seperti mengalami kerontokan.

Baca juga: 4 Alasan Tak Boleh Mengikat Rambut Saat Basah

3. Tak memakai pelembap rambut

tips kecantikan, kesehatan rambut, penyebab rambut rusak, rambut rusak, kebiasaan yang bikin rambut rusak

Ilustrasi rambut rusak – Ist

Sejumlah wanita berpikir bahwa dengan sampo saja rambut bisa menjadi sehat. Padahal untuk memberikan nutrisi pada rambut, sampo tidaklah cukup. Anda disarankan untuk memakai pelembap rambut, seperti kondisioner dan vitamin. Dengan memakai perawatan rambut tesebut, Anda akan mendapatkan rambut yang lebih sehat dan indah.

4. Terlalu banyak memakai produk perawatan

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, biasanya wanita akan melakukan berbagai cara. Misalnya, memakai banyak produk perawatan rambut setiap hari, seperti masker rambut, vitamin rambut, kondisioner, dan lain sebagainya. Ketahuilah bahwa terlalu banyak memakai produk perawatan bisa merusak rambut karena mengandung zat kimia. Selain itu, sebaiknya Anda juga tak mengganti-ganti sampo yang dipakai.

Baca juga: Cara Pintar Memilih Sampo dan Kondisioner

5. Sering memakai alat penata rambut

Agar rambutnya terlihat indah dan bisa tampil berbeda, biasanya wanita akan memakai alat penata rambut, seperti hairdryer, catokan, dan lain sebagainya. Tapi, ketahuilah bahwa alat-alat penata rambut bisa membuat rambut Anda rusak karena mengandung panas yang tinggi. Apalagi jika Anda sering memakainya.

6. Merokok

Kebiasaan merokok juga bisa membuat rambut seorang wanita menjadi rusak. Rambut jadi berbau dan asap rokok juga bisa membuat rambut Anda terlihat kering dan mudah patah. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok demi kesehatan dan kecantikan Anda.

Itulah 6 kebiasaan yang bisa bikin rambut Anda rusak. Jadi, mulai saat ini ubah kebiasaan buruk itu untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau. (NR)

Comment di sini