Dinikahkan Paksa, Gadis 8 Tahun Tewas di Malam Pertama

by
September 10th, 2013 at 1:22 pm

Hardh (CiriCara.com) – Praktik pernikahan gadis belia di Yaman akhirnya menimbulkan korban jiwa. Seorang gadis berusia 8 tahun diketahui tewas di malam pertama pernikahannya. Gadis cilik itu diketahui dipaksa menikah dengan pria yang umurnya 5 kali lipat lebih tua.

menikah dini

Ilustrasi Perdagangan Manusia – Ist

Seperti dilansir News.com.au, Selasa (10/9/2013), gadis 8 tahun itu tewas di Kota Hardh di Provinsi Hajjah di barat laut Yaman. Gadis malang tersebut diketahui mengalami luka sobek pada alat kelamin yang mengakibatkan pendarahan hebat.

Kejadian tragis itu pun langsung menarik perhatian para aktivis Yaman. Mereka mengutuk keras praktik pernikahan muda yang mengorbankan para gadis belia. Mereka juga mengecam pihak keluarga karena dianggap telah menjual anaknya.

“Kaluarganya tak manusiawi. Mereka tak pantas memiliki anak,” demikian tulis salah satu blogger bernama Bu Omar yang kesal mendengar kejadian tersebut.

Para aktivis juga meminta agar pihak polisi Yaman segera menangkap suami dari gadis malang tersebut. “Pengantin pria yang kasar dan menjijikan,” kata para aktivis Yaman, seperti dikutip dari Liputan6.com, Selasa (10/9/2013).

Praktik pernikahan belia di Yaman memang sedang marak belakangan ini. Pernikahan tersebut dilakukan oleh pihak keluarga wanita yang miskin. Mereka rela anak gadisnya dinikahi pria tua demi mendapatkan mahar yang bisa mencapai jutaan rupiah.

Pernikahan muda di Yaman juga dipengaruhi oleh adat. Sejumlah penduduk percaya bahwa gadis yang menikah pada usia muda bisa dididik jadi istri yang patuh. Menurut kepercayaan, wanita yang menikah muda bisa melahirkan lebih banyak anak.

Sebelumnya, Nada Al-Ahdal, gadis berusia 11 tahun juga sempat menjadi sorotan publik karena memilih kabur dibanding harus menikah di usia muda. Nada adalah gadis Yaman yang dijodohkan oleh kedua orangtuanya dengan pria tua yang kaya.

Nada mengaku lebih memilih mati ketimbang harus dijodohkan. “Aku bukan barang dagangan. Aku manusia. Aku lebih baik mati daripada menikah pada usia sekarang,” kata Nada yang kini memilih tinggal bersama pamannya.

(YG)

Comment di sini