Dul Kecelakaan, Hak Asuh Ahmad Dhani Bisa Dicabut?

by
September 10th, 2013 at 1:34 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Hak asuh anak-anak Ahmad Dhani dan Maia Estianty jatuh ke tangan Dhani pasca proses perceraian beberapa tahun silam.

Abdul Qodir Jaelani / Detik

Abdul Qodir Jaelani / Detik

Namun tampaknya kini Dhani harus was-was karena hak asuhnya bisa saja berpindah tangan ke Maia Estianty akibat kasus kecelakaan Dul, anak bungsu mereka.

Diberitakan oleh Detik.com, menurut Muhammad Ichsan selaku Kepala Divisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), hak asuh anak yang dimiliki oleh Ahmad Dhani bisa dicabut karena insiden kecelakaan tersebut.

Dul yang bisa dengan bebas mengemudikan mobilnya itu dianggap sebagai hasil kelalaian orangtuanya lantaran ia belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) saat mengemudikan mobilnya.

Apalagi saat itu, Dul mengemudikan mobilnya tengah malam tanpa pengawasan dari Ahmad Dhani selaku orangtuanya.

Untuk kejadian seperti ini, ada undang-undang yang bisa diberikan kepada Ahmad Dhani tentang pencabutan hak asuh orangtua yang diketahui lalai merawat anak-anaknya.

Hal itu sudah tertuang dalam Pasal 30 tentang pencabutan dan pembatasan hak sauh anak di UU Perlindungan Anak.  Dalam pasal itu disebutkan bahwa orang tua yang melalaikan kewajibannya, hak asuhnya dapat dicabut.

Hak asuh Al, El, dan Dul sebenarnya ada di tangan Maia sejak bercerai namun setelah Ahmad Dhani mengajukan Peninjauan Kembali, MA memberi keputusan kepada ketiga anaknya agar bebas memilih tinggal dengan siapa.

Dul mengalami kecelakaan saat ia mengemudikan mobilnya, Mitsubishi Lancer Evolution berplat B 80 SAL dengan kecepatan diduga mencapai 105,8 km/jam pada hari Minggu, 8 September 2013 dini hari. Mobil Dul menabrak pembatas tol dan menabrak Daihatsu Gran Max dan Toyota Avanza dari arah berlawanan.

Kini Dul sudah ditetapkan menjadi tersangka dan dikenakan Pasal 310 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Mengingat usia Dul yang masih 13 tahun, kemungkinan  besar proses hukum terhadap Dul akan didampingi oleh orantua. (RN)

Comment di sini