Tips Diet: Cara Memilih Camilan yang Sehat

by
September 10th, 2013 at 3:36 pm

CiriCara.com – Apakah saat ini kamu sedang menjalani diet? Saat sedang menjalani diet, terkadang ada saja godaannya. Salah satu godaan terberat bagi orang yang sedang menjalani diet adalah makan camilan.

tips kesehatan, tips diet, cara memilih camilan saat diet, camilan sehat saat diet, cara memilih camilan yang sehat

Camilan saat diet – Thinkstock

Yaa, siapa yang tak suka makan camilan. Saat sedang menonton televisi atau bekerja, camilan sering menemani banyak orang untuk disantap. Beberapa camilan yang bisa disantap banyak orang, seperti keripik kentang, keripik singkong, cokelat, dan berbagai camilan lainnya.

Walaupun rasanya sangat enak, namun berbagai camilan itu tentunya juga bisa membuat berat badan seseorang menjadi naik atau gemuk. Oleh karena itu, sangat dihindari untuk dimakan bagi yang sedang menjalani diet walaupun sangat menggiurkan.

Baca juga: 7 Makanan yang Dilarang Saat Diet

Bagi Anda yang sedang menjalani diet dan ingin tetap makan camilan, sebaiknya pilihlah camilan yang sehat saja. Hindari untuk mengonsumsi makanan yang bisa bikin diet Anda gagal. Lalu, camilan apa saja yang bisa dikonsumsi saat sedang diet?

Baca juga: 7 Faktor Penyebab Diet Sering Gagal

Dilansir dari Vemale.com yang mengutip dari Mayoclinic.com, berikut cara memilih camilan yang sehat:

1. Memberikan rasa kenyang dan mengandung sedkit kalori

Pilihlah camilan yang mengandung 100 kalori atau kurang dari itu. Makanan yang direkomendasikan untuk dijadikan camilan yaitu 2 sendok makan kacang atau 2 cangkir jus wotel tanpa gula. Selain itu, Anda juga bisa memilih buah-buahan dan sayuran. Ketahuilah bahwa camilan tersebut mengandung sedikit kalori dan mampu memberikan rasa kenyang.

2.  Kaya akan serat dan karbohidrat kompleks

tips kesehatan, tips diet, cara memilih camilan saat diet, camilan sehat saat diet, cara memilih camilan yang sehat

Salad buah – Ist

Salah satu camilan yang kaya akan serat dan mengandung karbohidrat kompleks adalah gandum. Namun, pilihlah gandum yang rendah lemak. Ketahuilah bahwa gandum merupakan salah satu camilan sehat yang bisa Anda jadikan camilan saat diet.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein yang bisa memberikan rasa kenyang. Makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang sehat untuk tubuh dan kaya akan kalori. Namun, sangat disarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsinya.

4. Produk susu rendah lemak

Berbagai produk susu merupakan sumber protein dan kalsium, serta vitamin dan mineral. Beberapa produk susu yang bisa Anda jadikan camilan adalah yoghurt, susu rendah lemak dan kalori, dan keju. Namun, pastikan Anda tidak berlebihan mengonsumsinya.

Itulah cara memilih camilan yang sehat saat diet. Dengan begitu, Anda akan tetap bisa makan camilan di siang hari, namun tak membuat badan menjadi gemuk.

Baca juga: Cara Diet OCD ala Deddy Corbuzier

(NR)

Comment di sini